Kamis, 13 April 2023 17:14

Presiden Jokowi Tanggapi Soal OTT Dugaaan Korupsi Kereta Api Trans Sulawesi

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian jalur kereta api (KA) Makassar-Parepare Antar Maros-Barru, Rabu (29/3/2023). Peresmian berlangsung di Depo Kereta Api Maros, Kabupaten Maros.
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian jalur kereta api (KA) Makassar-Parepare Antar Maros-Barru, Rabu (29/3/2023). Peresmian berlangsung di Depo Kereta Api Maros, Kabupaten Maros.

ABATANEWS, JAKARTA – Presiden Joko Widodo angkat bicara soal dugaan korupsi proyek kereta api di beberapa daerah, termasuk di jalur kereta api Trans Sulawesi.

Ada 10 orang tersangka atas kasus yang diungkap lewat OTT KPK pada 11 April lalu. 6 merupakan dari pihak Kementerian Perhubungan dan 4 lainnya merupakan pihak swasta.

Seperti diketahui, pada Maret 2023, Presiden Jokowi meresmikan pengoperasian kereta api pertama di Sulawesi yakni Makassar–Parepare lintas Maros–Barru.

Baca Juga : Eks Ketua KPK Main Bulutangkis Bersama Minions, Pengacara: Tak Ada Pelanggaran Hukum

Kereta tersebut merupakan bagian dari Kereta Api Trans Sulawesi yang menghubungkan Sulawesi Selatan (Makassar) hingga Sulawesi Utara (Manado).

Per Maret 2023, Kemenhub mencatat dari total jalur sepanjang 157,7 kilometer (km) Makassar–Parepare, sepanjang 142 km merupakan lintas utama dan 15,7 km siding track yang menghubungkan kereta api dengan Pelabuhan Garongkong dan Pabrik Semen Tonasa.

“Ya tidak mungkin semua proyek yang ribuan banyaknya itu tidak ada masalah, pasti satu dua ada masalah, biasa kan proyek yang besar, tetapi kenapa itu terus kita kontrol di lapangan,” kata Jokowi di Pasar Minggu, Jakarta, Kamis (13/4/2023).

Baca Juga : Dugaan Korupsi Bansos Presiden, Negara Dirugika Rp 250 Miliar

Dia mengatakan pemerintah akan terus melakukan pengawasan di lapangan. Menurutnya, akan semakin banyak pelanggaran jika pengawasan tak dilakukan.

“Kita ini hampir tiap hari lho ke lapangan ngecek, ke lapangan ngecek, itu pun masih ada masalah. Apalagi tidak?,” ucapnya.

Penulis : Wahyuddin
Komentar