Kamis, 19 Oktober 2023 20:24

Presiden Jokowi Ajak Negara Arab di Teluk untuk Selesaikan Konflik Israel-Hamas

Presiden Jokowi Ajak Negara Arab di Teluk untuk Selesaikan Konflik Israel-Hamas

ABATANEWS.COM — Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak Arab Saudi sebagai Keketuaan Gulf Cooperation Council (GCC) atau Dewan kerja sama untuk Negara Arab di Teluk untuk mencari solusi perdamaian untuk konflik Israel dan Palestina. Hal tersebut diungkap oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan.

Untuk diketahui, mendag dengan sejumlah menteri mendampingi Presiden Joko Widodo kunjungan kerja ke China dan Arab Saudi pada pekan ini.

Zulkifki Hasan menjelaskan, saat bertemu dengan Presiden China Xi Jinping, Presiden Jokowi mengajak untuk mencari solusi konflik antara Israel dan Palestina ini. Hal yang sama juga diungkap jokowi saat bertemu dengan pemimpin Arab Saudi.

Baca Juga : Media Asing Ramai Nyinyirin Kaesang yang Gagal Maju Pilkada, Ungkit Jet Pribadi

“Setelah sebelumnya pertemuan dengan Xi Jinping membahas persoalan konflik Israel dan Palestina dan sepaham bahwa dua negara merdeka sebagai solusi,” kata dia dalam keterangan tertulis, Kamis (19/10/2023).

Selain itu, saat kunjungan ke Arab Saudi, mendag mengatakan bahwa Jokowi tetap terus melanjutkan konsistensi diplomasinya sebagai Presiden Indonesia selaku Ketua ASEAN, dan berbicara kepada komunitas internasional untuk mendukung kemerdekaan Palestina.

“Jadi hari ini di Riyadh, Arab Saudi, (Indonesia) selaku Ketua ASEAN, Presiden Jokowi konsisten mengajak dunia Internasional mencari solusi penyelesaian konflik Israel-Palestina. Kali ini kepada Arab Saudi dan negara-negara teluk yang tergabung dalam GCC,” ungkapnya.

Baca Juga : Jokowi Disambut Surya Paloh, Anies Kenakan Batik Saat Hadiri Kongres III NasDem

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini menjelaskan, setelah pertemuan Indonesia dan Arab Saudi maka kedua belah pihak sepakat akan mendesak Israel agar menghentikan serangannya ke Gaza. Sebab, perang antara Israel dengan Hamas di Gaza telah memakan korban jiwa yang sangat banyak.

“Untuk bersama-sama tidak hanya mengecam tapi juga mendesak Israel segera menghentikan serangan ke Gaza. Sudah terlalu banyak korban,” pungkasnya.

Penulis : Azwar
Komentar