Minggu, 20 Oktober 2024 11:40

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Resmi Jadi Presiden dan Wakil Presiden RI Periode 2024-2029

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Resmi Jadi Presiden dan Wakil Presiden RI Periode 2024-2029

ABATANEWS, JAKARTAPrabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029 dalam prosesi yang khidmat dan bersejarah. Acara pelantikan yang berlangsung di Gedung Nusantara, MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, pada Minggu (20/10/2024), menandai era baru dalam pemerintahan Indonesia.

Sidang Paripurna MPR RI dimulai tepat pukul 10.00 WIB, dipimpin oleh Ketua MPR Ahmad Muzani, dihadiri oleh para tokoh nasional, termasuk Presiden ke-7 Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden ke-13 Ma’ruf Amin. Suasana sidang berubah penuh haru ketika Prabowo Subianto dengan tegas mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden ke-8 RI, diikuti oleh Gibran Rakabuming yang melafalkan sumpah sebagai Wakil Presiden ke-14.

Pelantikan ini bukan hanya menjadi momen penting bagi Prabowo dan Gibran, tetapi juga menjadi simbol kelanjutan demokrasi di Indonesia. Joko Widodo yang hadir dalam sidang memberikan restu penuh kepada penerusnya, menjadi saksi dari transisi kekuasaan yang damai dan tertib, hal yang semakin mengukuhkan Indonesia sebagai negara demokrasi terbesar di Asia Tenggara.

Baca Juga : Prabowo Gelar Sidang Kabinet Paripurna Perdana Sore Ini, Fokus pada Visi Indonesia Emas 2045

Setelah sumpah dilafalkan, acara berlanjut dengan penandatanganan berita acara pelantikan oleh Prabowo, Gibran, dan pimpinan MPR. Pertukaran tempat duduk antara Jokowi dan Prabowo, serta antara Ma’ruf Amin dan Gibran, menjadi simbol konkret dari berakhirnya masa pemerintahan lama dan dimulainya kepemimpinan baru.

Kehadiran Prabowo dan Gibran di pucuk kepemimpinan nasional menandai babak baru dalam sejarah politik Indonesia, membawa harapan baru bagi kemajuan bangsa dalam lima tahun ke depan.

Penulis : Azwar
Komentar