Sabtu, 04 Juni 2022 22:20

PORDI Sulsel Bakal Seleksi Atlet untuk Ikuti Liga Domino Nasional

Ketua PORDI Sulsel, Andi Baso Ryadi Mappasule (kelima dari kiri) saat memimpin sesi press converence terkait seleksi atlet Cabor domino di Cafe Black Sea, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Sabtu (4/6/2022). (foto: Abatanews)
Ketua PORDI Sulsel, Andi Baso Ryadi Mappasule (kelima dari kiri) saat memimpin sesi press converence terkait seleksi atlet Cabor domino di Cafe Black Sea, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Sabtu (4/6/2022). (foto: Abatanews)

ABATANEWS, MAKASSAR – Persatuan Olahraga Domino Indonesia (PORDI) Provinsi Sulsel, bakal menyeleksi atlet yang akan tampil di cabang olahraga (Cabor) Domino. Seleksi ini, akan berlangsung di masing-masing pengurus kabupaten/kota se-Sulsel secara serentak mulai 1 hingga 4 Juli 2022.

Ketua PORDI Sulsel, Andi Baso Ryadi Mappasule menjelaskan, seleksi atlet ini untuk menjaring atlet dalam mewakili Sulsel di Liga Domino Nasional. Namun, ada beberapa tahap yang harus dilalui atlet untuk mewakili Sulsel.

Dimulai dari tingkat kabupaten/kota di masing-masing pengurus PORDI melaksanakan seleksi. Nantinya, dalam satu daerah mengirim 10 atlet untuk kembali bersaing di Liga Domino tingkat provinsi Sulsel.

“Misalnya di Kota Makassar, ada 15 kecamatan dan masing-masing kecamatan mengirim 10 atlet. Artinya, kalau dihitung ada 150 atlet yang akan diseleksi untuk tingkat kota Makassar,” ujar Andi Baso Ryadi Mappasule di Cafe Black Sea, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Sabtu (4/6/2022).

Setelah 150 atlet mengikuti seleksi tingkat Makassar lanjut Andi Baso, akan dipilih pemenang sebanyak 10 atlet. Mereka, akan mewakili Makassar di ajang Liga Domino provinsi Sulsel.

Di Sulsel sendiri, terdapat 24 kabupaten/kota yang berpartisipasi dan masing-masing akan mengirim 10 atlet. Artinya, Liga Domino tingkat provinsi Sulsel, bakal diikuti oleh 240 orang yang berlangsung pada 21 hingga 24 Juli 2022.

“Jadi, 240 orang ini akan mengerucut lagi menjadi 10 atlet karena bersaing di Liga Domino tingkat Sulsel. Nah, 10 atlet ini yang akan mewakili Sulsel untuk mengikuti Liga Domino Nasional. Diperkirakan akan dimulai akhir Juli atau awal Agustus tahun ini,” papar Andi Baso.

Sementara itu, Ketua PORDI Sinjai, Andi Muallim menambahkan di daerahnya sendiri seleksi akan lebih dulu dilaksanakan di tingkat desa. Setelah itu, masing-masing kecamatan akan mengirim 10 atlet untuk kembali bersaing di tingkat kabupaten Sinjai.

“Jadi, seleksi atlet ini kita khususkan untuk usia 18 tahun ke atas. Tapi, kita lebih fokus ke usia muda untuk pengembangan dan pembinaan. Jadi kita juga lakukan seleksi (tingkat kabupaten) sekaligus untuk perekrutan atlet,” jelasnya.

Adapun Ketua PORDI Makassar, Andi Amrullah Djaya menambahkan pihaknya sendiri telah melakukan seleksi atlet beberapa waktu lalu dan sukses terjaring sekitar 50 orang. Para atlet ini, nantinya akan mengikuti Liga Domino Pertama Makassar di sekretariat PORDI Makassar, Jl Topas Raya, Minggu 5 Juni 2022.

“Jadi ajang ini sekaligus akan dipilih yang terbaik 10 orang mewakili Makassar di Liga Domino tingkat Sulsel. Tapi kalau memang diperlukan perekrutan atlet, kami akan seleksi lagi,” imbuhnya.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar