Rabu, 04 Mei 2022 09:17

Polri Minta Warga Pulang Lebih Awal Sebelum Puncak Arus Balik Mudik

Ilustrasi kepadatan arus lalu lintas di Tol Palimanan. (foto:Jasamarga)
Ilustrasi kepadatan arus lalu lintas di Tol Palimanan. (foto:Jasamarga)

ABATANEWS, JAKARTA – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri meminta masyarakat agar bisa kembali ke kota tujuan lebih awal saat arus balik mudik IdulFitri 1443 H. Pasalnya, hal itu bisa mengantisipasi adanya penumpukan kendaraan pemudik di berbagai jalur.

Kakorlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi dalam keterangan tertulisnya mengatakan puncak puncak arus balik lebaran diprediksi akan terjadi pada 6 hingga 8 Mei 2022. Di tanggal tersebut, dipastikan para pemudik akan membanjiri jalur masuk kota-kota besar.

“Makanya, jika konsentrasi terpecah dengan menghindari puncak arus balik maka lalu lintas akan lebih nyaman,” ujarnya dilansir Rabu (4/5/2022).

Baca Juga : Arus Balik, 110 Ribu Penumpang Tinggalkan Sumatera Menuju Jawa Lewat Jalur Laut

Ia menambahkan masyarakat bisa mempertimbangkan (pulang lebih awal) setelah melakukan silaturahim dengan keluarga. Selain itu, bagi yang memiliki waktu libur yang panjang bisa kembali setelah puncak arus mudik.

Meski demikian, pihaknya memastikan kesiapan jajarannya dalam rangka menangani arus balik Lebaran 2022. Masyarakat pun turut diimbau untuk mengikuti kebijakan rekayasa lalu lintas dari Polri agar perjalanan arus balik aman dan lancar.

Baca Juga : Tips Aman Berkendara Motor Matic saat Arus Balik Lebaran dan Kendala yang Kerap Dialami

“Percayalah, apa yang kami kerjakan ini untuk membantu semua pihak,” imbuh Firman.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar