Selasa, 19 Maret 2024 10:06

Polri Kerahkan 4.992 Personil Amankan Pengumuman Hasil Pemilu

Polri Kerahkan 4.992 Personil Amankan Pengumuman Hasil Pemilu 

ABATANEWS.COM – Ribuan personil Polri akan dikerahkan saat pengumuman hasil rekapitulasi suara Pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Personil Polri tersebut akan bersiaga di sekitar Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat (Jakpus).

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan total yang dikerahkan mencapai 4.992 personil. Mereka tergabung dari berbagai stakeholder dan juga terdiri satgaspus.

“Atau pusat Mabes Polri dan juga satgas daerah yaitu Polda Metro Jaya,” jelas Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan di Kantor KPU, Senin (18/3/2024).

Baca Juga : Pendaftaran Berakhir, Kotak Kosong di Pilkada Serentak 2024 Ada 41

Trunoyudo mengakui mengenai adanya aksi unjuk rasa di masyarakat menjelang pengumuman hasil Pemilu 2024. Dia mengimbau masyarakat yang hendak menyampaikan pendapat sesuai aturan yang ada.

“Terkait dengan penyampaian atau kebebasan mengungkapkan pendapat di muka umum, tentu sudah diatur dalam peraturan undang-undangan. Artinya segala sesuatu yang mengungkapkan pendapat secara konstitusi dibolehkan, namun demikian secara hukum diatur, secara undang-undang diatur,” jelasnya.

Maka dari itu, Polri akan melakukan pengamanan sebagai koridor pengamanan. Karena salah satu daripada kehidupan bermasyarakat dalam mengungkapkan pendapat.

Baca Juga : KPU RI Catat 1.467 Paslon Yang Daftar di Pilkada Serentak 2024

“Tentu Polri akan mengamankan sebagaimana koridor pada aturan undang-undang yang berlaku,” pungkasnya.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar