Rabu, 17 November 2021 09:54

Politisi Senior Max Sopacua Meninggal Dunia

Max Sopacua (Foto: Youtube/KompasTV)
Max Sopacua (Foto: Youtube/KompasTV)

ABATANEWS – Eks Politikus Partai Demokrat Max Sopacua meninggal dunia pada Rabu (17/11/2021).

Kabar wafatnya Max dibenarkan oleh anak Max, Ferro Sopacua. Kabar itu dibagikan sejumlah petinggi partai berlambang merci.

Baca Juga : Mimpi Marshel Jadi Pejabat Publik Sirna, Riza Patria Mundur dari Pilkada Tangsel

Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, partainya turut berduka atas wafatnya Max.

“Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Kami turut berduka. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan,” ujar Herzaky.

Diketahui, Max merupakan salah satu politikus senior Partai Demokrat. Namun, belakangan ia bergabung ke barisan pendukung Kongres Luar Biasa (KLB) Deli Serdang yang menetapkan Kepala Staf Presiden Moeldoko sebagai ketua umum Partai Demokrat versi KLB.

Baca Juga : Logo Partai Dicatut, Muhtadin Tegaskan Demokrat Belum Punya Jagoan di Pilkada Pinrang

Max Sopacua merupakan salah satu pendiri Partai Demokrat sekaligus anggota DPR dua periode (2004-2014). Sebelum terjun ke kancah politik, Max jadi penyiar berita olahraga hingga jadi produser di TVRI

Max ikut berperan dalam pendirian Partai Demokrat. Namanya memang absen dalam akta pendirian partai pada 10 September 2002. Kala itu, ia masih jadi pegawai negeri sipil (PNS) sehingga ada pantangan untuk berpolitik. Namun, ia ikut serta dalam deklarasi pendirian partai di Jakarta Hilton Convention Centre (sekarang JCC) di mana ia bertugas di Organizing Committee.

Max Sopacua mendapat jabatan Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat saat bergabung yang diembannya hingga 2005. Pada Pemilu 2004, Max lolos sebagai anggota DPR dari dapil Jawa Barat IV. Jabatan di Senayan kembali ia peroleh dalam hajatan pemilu 2009. Namun, Max gagal dalam perhelatan pemilu 2014 dan 2019.

Komentar