Minggu, 28 Juli 2024 13:16

Pj Wali Kota Palopo Harap Universitas Mega Buana Terus Jalin Kolaborasi Tingkatkan Ekonomi Rakyat

Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani, SH.,M.Si., menghadiri wisuda Universitas Mega Buana (UMB) Palopo angkatan XV, periode II tahun 2024
Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani, SH.,M.Si., menghadiri wisuda Universitas Mega Buana (UMB) Palopo angkatan XV, periode II tahun 2024

ABATANEWS, PALOPO – Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani, SH.,M.Si., menghadiri wisuda Universitas Mega Buana (UMB) Palopo angkatan XV, periode II tahun 2024.

Kegiatan wisuda tersebut dilaksanakan di Saodenrae Convention Centre (SCC) Kota Palopo, (26/07/2024).

Sebanyak 525 lulusan wisudawan dan wisudawati pada periode ini diwisuda, dari total keseluruhan lulusan sebanyak 2.719 yang akan di wisuda tahun ini.

Baca Juga : Hadiri Pembukaan PKM di Universitas Mega Buana Palopo, Ini Pesan Pj Wali Kota Palopo Asrul Sani

Rektor Universitas Mega Buana Palopo Prof. Dr Hj Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes, menyampaikan selamat kepada para wisudawan yang telah dikukuhkan.

“Alhamdulillah, pertama yang terpanjang. Di mana wisuda digelar dalam 5 periode khusus untuk tahun 2024,” kata Prof. Nilawati Uly.

Prof. Nilawati mengungkapkan, 88 persen alumni Universitas Mega Buana Palopo saat ini telah bekerja. “Baik sebagai ASN, P3K, karyawan swasta dan sebagai wirausaha,” katanya.

Baca Juga : Wakili Asrul Sani, Ilham Hamid Hadiri Hadiri Sosialisasi Manfaat Program BPJS Ketenagakerjaan

Prof. Nilawati menambahkan, bahwa UMB Palopo senantiasa membantu para alumni agar lebih cepat terserap dalam dunia kerja, baik dalam negeri maupun luar negeri melalui lembaga kemitraan UMB Palopo.

“Universitas Mega Buana Palopo selalu siap memfasilitasi alumni untuk bekerja ke luar negeri. Dari alumni yang diwisuda kali ini, 10 orang telah menyatakan siap bekerja di Jepang, 6 orang siap ke Singapura, 8 orang siap ke Arab Saudi dan 1 orang siap ke Qatar, kami harapkan semoga yang lain bisa menyusul,” jelasnya.

Sementara itu, Pj. Walikota Palopo, Asrul Sani, SH, M.Si, sangat mengapresiasi Universitas Mega Buana Palopo atas kontribusinya dalam pengembangan pendidikan dan ekonomi di kota jasa ini.

Baca Juga : Paripurna DPRD Palopo, Asrul Sani Tekankan Perubahan KUPA dan PPAS agar Target Awal APBD Dapat Disesuaikan

“Saya menyampaikan selamat dan apresiasi kepada UMB palopo dengan segala prestasinya. UMB Palopo saat ini mendukung bagaimana penyelenggaraan pemerintahan di Kota Palopo. Terus tingkatkan prestasinya, mulai dari sarana dan tenaga pendidiknya,” kata Asrul Sani.

Kontribusi UMB Palopo terhadap perkembangan Kota Palopo, kata Asrul, adalah penyelenggaraan wisuda yang akan dilakukan sebanyak 5 kali di tahun ini dengan wisudawan sebanyak 2.197 lulusan.

“Tentu ini sangat mendukung pertumbuhan ekonomi di sini. Betapa tidak, hotel-hotel akan penuh, pedagang pun tumbuh, UMKM bertumbuh, itulah kenapa UMB Palopo disebutkan mendukung Pemkot Palopo dalam meningkatkan PAD-nya;” katanya.

Baca Juga : Pj Wali Kota Palopo Audiensi Bersama PT WWL, Calon Investor Pantai Labombo

Asrul berharap, UMB Palopo dapat berkolaborasi dengan pemerintah, utamanya bagaimana mendorong kewirausahaan di kota jasa ini.

Selain itu, lanjut Asrul, melakukan upaya pencegahan stunting, penurunan angka pengguna narkoba, angka HIV /AIDS yang masih tinggi, karena penanganan ini adalah kerja-kerja kolaboratif.

“Saya berharap kepada Ibu Rektor, mari kita berkolaborasi. Dengan adanya Prodi Kewirausahaan ini, mari kita saling support. Palopo ini kota jasa, jadi harus saling sinergi,” sebutnya.

Baca Juga : Pj Wali Kota Palopo Hadiri High Level Meeting Stabilitasi Harga Bahan Pokok

Untuk rincian alumni UMB Palopo kali ini yakni, 35 persen berstatus sebagai karyawan, 32,5 persen berstatus sebagai ASN, 10,3 persen bertatus sebagai Wirausaha, P3K, dan bekerja di Kementerian. Sementara selebihnya 12,2 persen masih dalam proses mencari pekerjaan.

Turut hadir dalam wisuda ini, Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, Rektor Universitas Mega Buana Palopo, Ketua Yayasan Mega Buana,Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo, serta tamu undangan.

Penulis : Wahyuddin
Komentar