Kamis, 20 Juni 2024 21:03

Pj Gubernur Gorontalo Kunjungi Korban Banjir Akibat Tanggul Jebol, Janji Beri Bantuan

Pj. Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin saat meninjau dari dekat lokasi salah satu rumah warga yang hanyut terbawa aliran sungai akibat banjir yang meluap di Kelurahan Bugis, Kota Gorontalo, Kamis (20/6/2024).
Pj. Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin saat meninjau dari dekat lokasi salah satu rumah warga yang hanyut terbawa aliran sungai akibat banjir yang meluap di Kelurahan Bugis, Kota Gorontalo, Kamis (20/6/2024).

ABATANEWS, GORONTALO – Korban Banjir di Kelurahan Bugis, Kota Gorontalo dikunjungi oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin, Kamis (20/6/2024). Kunjungan didampingi Pj. Wali Kota Ismail Madjid, Kadis PUPR-PKP Provinsi Aries Ardianto.

Pj. Gubernur melihat dari dekat salah satu rumah warga yang hanyut terbawa aliran sungai. Setelah itu, Rudy bersama tim meninjau tanggul jebol yang mengakibatkan sungai meluap dan menggenangi rumah warga pada Kamis dini hari.

Rudy akan berkoordinasi dengan pemerintah kota untuk menangani banjir yang sudah sering terjadi. Salah satu solusi dengan melanjutkan pembangunan tanggul yang memang sedang diperbaiki.

Baca Juga : Inspektorat Provinsi Gorontalo Salurkan Bantuan ke Korban Bencana Longsor dan Banjir

“Kebetulan tanggul yang sudah diperbaiki itu baru sampai 30 meter dari titik yang jebol, alternatif yang dapat kita lakukan jika ingin segera membangun tanggul ini adalah dengan merelokasi warga yang ada di bantaran sungai terlebih dahulu. Oleh karena itu, perlu diadakan sosialisasi dulu ke masyarakat,” ujarnya.

Setelah peninjauan, Rudy turut mendengarkan beberapa keluhan masyarakat. Di antaranya, adalah pengadaan mesin alkon, bantuan pangan cepat saji kepada masyarakat terdampak, serta pengadaan posko pengungsian.

“Terkait dengan bantuan mesin dan makanan cepat saji, kami akan segera koordinasi dengan Pak Pj. Wali Kota juga BPBD Provinsi dan Kota Gorontalo, itu agar segera direalisasikan. Sementara untuk posko sudah ada di beberapa sekolah dasar, di antaranya di SDN 8 sama SDN 41,” jawab Rudy.

Baca Juga : Dilanda Banjir, Pemprov Buka Posko Bencana di Rujab Wakil Gubernur

Diketahui, terdapat beberapa kelurahan terdampak banjir, yaitu Kelurahan Tenda, Kelurahan Botu, dan yang paling parah adalah Kelurahan Bugis dari tiga kelurahan itu diperkirakan ada sekitar 500 kepala keluarga terdampak.

Penulis : Wahyuddin
Komentar