Kamis, 11 Juli 2024 21:25

Pj Bupati Takalar Dukung Pengawasan Tahapan Pilkada Damai 2024

Pj Bupati Takalar Dukung Pengawasan Tahapan Pilkada Damai 2024

ABATANEWS, TAKALAR — Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Takalar akan berlangsung dalam beberapa bulan ke depan. Sebagai persiapan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Takalar menggelar Rapat Koordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan terkait pengawasan tahapan Pilkada 2024.

Rapat koordinasi tersebut berlangsung di Hotel Four Points by Sheraton Makassar dan dihadiri oleh Pj. Bupati Takalar, Dr. Setiawan Aswad, M.Dev.Plg, pada Kamis (11/7/2024).

Dalam rapat, Dr. Setiawan Aswad mengungkapkan apresiasi atas inisiatif Bawaslu Takalar mengadakan koordinasi ini.

Baca Juga : Pj Bupati Takalar Hadiri Paripurna Penyampaian Pandangan Akhir Fraksi tentang Pertanggungjawaban APBD 2023

“Rapat ini sangat penting karena kita sedang memasuki tahapan pemilu. Perlu adanya komunikasi untuk menyamakan perspektif, bertukar informasi, serta memahami cara pandang yang sama terkait pengawasan pemilu,” ujarnya.

Beliau menekankan pentingnya koordinasi dalam pelaksanaan tahapan Pilkada untuk merampingkan cara pandang dan perilaku.

“Dengan koordinasi yang baik, kita bisa bersama-sama mengidentifikasi potensi masalah yang mungkin timbul di masa depan dan mencari cara untuk mengatasinya,” lanjutnya.

Baca Juga : Setiawan Aswad dan Pemuda Pancasila Dorong Pembangunan Kabupaten Takalar

Pj. Bupati juga menegaskan bahwa Pilkada merupakan fondasi penting bagi pemerintahan yang amanah, yang mampu memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakat.

“Kita harus mengupayakan Pilkada yang damai dan dimulai dengan cara yang baik agar menghasilkan pemimpin yang baik pula,” tambahnya.

Lebih lanjut, beliau menekankan bahwa peserta Pilkada harus memiliki integritas, kompetensi, etika, dan anti-korupsi.

Baca Juga : Dukung Perkembangan UMKM, Pj Bupati Rancang Sentra Kawasan Industri di Takalar

“Penyelenggara Pilkada harus netral, menjaga integritas, dan memastikan tidak ada politik uang dalam setiap tahapan,” tegasnya.

Dr. Setiawan juga berharap adanya partisipasi dari semua pihak dalam menyukseskan Pilkada sebagai pesta demokrasi.

“Pesta demokrasi harus melibatkan semua pihak sesuai dengan perannya masing-masing. Saya yakin dengan kekompakan dan kebersamaan, kita bisa menciptakan Pilkada yang damai,” harapnya.

Baca Juga : Pj Bupati Takalar Terima Aksi Damai Masyarakat Polongbangkeng Utara

Rapat koordinasi ini juga diisi dengan penandatanganan komitmen bersama untuk Pilkada Damai 2024 oleh Pj. Bupati Takalar, Ketua Bawaslu Takalar, dan seluruh pemangku kepentingan lainnya, serta penyerahan spanduk anti-politik uang kepada semua camat dan Bawaslu kecamatan.

Penulis : Azwar
Komentar