Sabtu, 01 Juni 2024 13:05

Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila, Pj Gubernur Rudy Salahuddin: Pancasila Persatukan Kita

Pj Gubernur, unsur Forkopimda dan seluruh peserta upacara Harla Pancasila menggunakan pakaian khas daerah.
Pj Gubernur, unsur Forkopimda dan seluruh peserta upacara Harla Pancasila menggunakan pakaian khas daerah.

ABATANEWS, GORONTALO – Penjabat Gubernur (Pj. Gubernur) Gorontalo Rudy Salahuddin bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 yang dilangsungkan di Halaman Rumah Jabatan Gubernur, Sabtu (1/6/2024).

Pasukan upacara terdiri atas TNI/Polri, Basarnas, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka, unsur ASN, perwakilan siswa SMA/SMK serta organisasi kepemudaan daerah.

Bertindak sebagai komandan upacara Letkol CKE Nurahmat, yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Detasemen Perhubungan Korem 133/NWB.

Baca Juga : Pj Gubernur Gorontalo Kunjungi Korban Banjir Akibat Tanggul Jebol, Janji Beri Bantuan

Sementara AKBP Hadra Dotulong yang merupakan Kepala Bagian Pengendalian Operasi (KabagDalops) Biro Operasi Polda Gorontalo bertindak sebagai Perwira Upacara.

Pj Gubernur Rudy mengajak masyarakat untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila pada setiap aspek kehidupan. Momentum Lahir Pancasila juga diharapkan mampu terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Pancasila sudah terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga hingga kini bangsa ini terus berdiri kokoh. Hal inilah yang saya harap dapat terus kita jiwai dan menjadi pedoman hingga kini,” paparnya.

Baca Juga : Pemprov Gorontalo Gelar Sosialisasi SDKP Melalui Sistem Pengawasan Berbasis Masyarakat

Generasi muda juga diberikan pesan agar dapat mengarusutamakan nilai-nilai Pancasila dengan cara-cara kekinian. Di tengah-tengah krisis global yang dihadapi sekarang, semangat Pancasila harapannya turut memberi sumbangsih dalam mengatasi hal itu.

“Generasi milenial dan Gen-Z harus bisa memberikan sumbangsih gotong royong untuk menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik yang dihadapi saat ini, karena saat ini merekalah pelaku utama dalam pembangunan bangsa,” ujarnya.

Hari Lahir Pancasila 2024 mengangkat tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 1945”. Tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari lahir pancasila oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2016 dan ditetapkan juga sebagai hari libur nasional.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar