Senin, 24 Juni 2024 15:12

Pimpin Rakor Lintas Sektor, Pj Bupati Takalar Minta Penangan Stunting Dikerjakan Secara Serius

Pimpin Rakor Lintas Sektor, Pj Bupati Takalar Minta Penangan Stunting Dikerjakan Secara Serius

ABATANEWS, TAKALAR — Pj. Bupati Takalar Setiawan Aswad, serius dalam penanganan stunting di Takalar. Berbagai upaya telah dilakukan, salah satunya melakukan Rapat Koordinasi Lintas Sektor untuk mengevaluasi pelaksanaan Intervensi Spesifik dan Sensitif secara serentak di Kab. Takalar.

Kegiatan berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Takalar dan dihadiri Pimpinan OPD Kab. Takalar, Direktur RSUD H. Padjonga Dg. Ngalle, Direktur RS. Galesong, Pj. Ketua TP. PKK Kab. Takalar, satgas Stunting, para Camat se-Kab. Takalar, para Kepala Pusekesmas se-Kab. Takalar serta para Koordinator Penyuluh se-Kab. Takalar, Senin (24/6/2024).

Dalam memimpin rapat, Setiawan menyampaikan bahwa 6 bulan ke depan harus ada pergerakan signifikan terhadap penanganan stunting di Takalar. Dari sudut pandang birokrasi tematik, pihaknya menghadapi dua persoalan mendasar yaitu persoalan intervensi dan persoalan tata kelola. Terkait tata kelola akan upayakan mulai dari perencanaan, evaluasi, monitoring evaluasi, supervisi sampai dengan pendataan, dan intervensi yang dilakukan jelas mulai dari spesifik, koordinatif dan sensitif.

Baca Juga : Pelatihan Keterampilan Produktif untuk Remaja Putus Sekolah di Takalar

“Saya minta kepada pemerintah kecamatan untuk selalu melakukan evaluasi setiap minggu bersama pemerintah desa dan puskesmas. Posyandu harus diaktifkan, lakukan pendekatan kepada masyarakat untuk datang ke posyandu memeriksakan kesehatan bayi dan balitanya juga ibu hamil. Semua harus dilakukan pemeriksaan dan diberi edukasi terkait gizi untuk mencegah terjadinya stunting,” jelasnya.

Ia juga menambahkan fungsi manajerial di posyandu juga diaktifkan, yang harus bersama-sama dan saling berkoordinasi sehingga penanganan stunting dapat dicegah. Ia menekankan data sangat penting dalam mengetahui berapa angka stunting di Takalar, untuk itu kiranya dilakukan pendataan yang betul-betul akurat di masyarakat.

“Saya harap kegiatan ini dimanfaatkan betul-betul sebagai kegiatan untuk melakukan evaluasi progres kegiatan kita dengan melihat persoalan yang terjadi dan mencari solusinya yang selanjutnya dituangkan dalam perencanaan mingguan, mudah-mudahan dengan cara ini upaya kita bisa maksimal,” tutupnya.

Baca Juga : Pj Ketua TP PKK Takalar Monitoring Pendampingan Intervensi Serentak Stunting di Posyandu

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Takalar, Nilal Fauziah dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan intervensi serentak pencegahan stunting dilakukan melalui pendataan, penimbangan, pengukuran, edukasi dan intervensi bagi seluruh ibu hamil, balita 5 tahun, catin dan berkelanjutan.

“Berdasarkan hasil pengukuran balita bulan juni 2024, rata-rata puskesmas sudah melakukan pengukuran ± 80%. Adapun data status gizi dari jumlah balita yang diukur sebanyak 21.323 anak, dengan jumlah kunjungan dan diukur, ditimbang di posyandu sebesar 84,53% dan dari hasil data status gizi tersebut dapat dilihat gambaran saat ini stunting untuk Kab. Takalar 1316 atau 6,17%,” jelas Nilal.

Terkait dengan permasalahan gizi, gizi buruk saat ini jumlahnya 139 orang, gizi buruk tidak stunting 108 orang, stunting dengan gizi buruk 31 orang, stunting dengan gizi kurang 220 orang, stunting dengan berat badan kurang 857 orang, stunting dengan berat badan dan tinggi badan normal sebanyak 991 orang.

Penulis : Wahyuddin
Komentar