Rabu, 07 Februari 2024 18:13

Pimpin Apel, Pj Wali Kota Palopo Minta Semua Bersiap Hadapi Pemilu 2024

Pimpin Apel, Pj Wali Kota Palopo Minta Semua Bersiap Hadapi Pemilu 2024

ABATANEWS, PALOPO — Sekda Kota Palopo, Firmanza DP. SH., M.Si., mewakili Pj Wali Kota memimpin apel gelar pasukan siaga Pemilu 2024 lingkup Pemerintah Kota Palopo.

Apel yang diawali pemeriksaan pasukan itu, digelar di lapangan Pancasila Palopo, (07/02/2024).

Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani, SH. M.Si., dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Sekda mengungkapkan, kegiatan ini simbol semangat dan tekad dalam menyukseskan pelaksanaan pemilu, agar terlaksana dengan lancar dan tanpa hambatan.

Baca Juga : Pj Wali Kota Asrul Sani Ajak Basarnas Makassar Tinjau Pos SAR Palopo

“Pj Wali Kota menyampaikan harapan dan pesan diantaranya, suksesnya pelaksanaan pemilu tahun 2024 tidak hanya bertumpu pada penyelenggara pemilu, namun juga merupakan tanggung jawab moral bersama seluruh elemen masyarakat,” kata Firmanza DP.

Firmanza menambahkan, Pj Wali Kota meminta untuk melaksanakan peran dan fungsi masing-masing agar pesta demokrasi terlaksana dengan baik.

“Dan lebih khusus kepada masyarakat, mari kita semua mastikan dan mewujudkan situasi keamanan dan kedamaian, dilingkungan masing- masing, sebelum, sesaat dan setelah pemilu berlangsung,” ungkapnya.

Baca Juga : Asrul Sani Minta PUPR Normalisasi Sejumlah Titik Banjir di Palopo

Pemerintah, kata Firmanza, mengharapkan untuk memperkuat dan memastikan koordinasi dan komunikasi lintas sektor berjalan secara optimal.

“Jangan egosentris dan cenderung abai pada sesuatu yang seharusnya dapat dilaksanakan dan diantisipasi bersama-sama,” katanya.

“Karena sekuat apapun kita, semampu apapun kita tanpa kerjasama, koordinasi dan komunikasi yang baik, maka akan sangat memengaruhi pelaksanaan pemilu,” tambahnya.

Baca Juga : Pj Wali Kota Palopo Kunjungi Warga yang Sakit di RS, Minta Pelayanan Kesehatan Ditingkatkan

Pada kesempatan ini, Firmanza juga agar upaya deteksi dini terhadap segala bentuk gangguan dan hambatan, bisa diantisipasi.

“Apa saja yang diduga dapat menghambat kelancaran pelaksanaan pemilu, seperti kondisi cuaca ekstrem, hambatan alat komunikasi dan gangguan lainnya, itu harus diantisipasi,” katanya.

Lebih jauh, Firmanza, mengingatkan, untuk senantiasa menjaga stamina dan kondisi kesehatan, selalu dalam kondisi prima dan menghindari hal-hal yang dapat menganggu kesehatan.

Baca Juga : Pastikan Penghitungan Surat Suara Lancar, Pj Wali Kota Palopo Tinjau Sejumlah TPS

“Termasuk konsentrasi diri dalam menunaikan tugas negara, dimana tahapan pemilu ini cukup menyita energi, waktu bahkan emosi,” jelasnya.

Pj Wali Kota melalui Sekda juga berpesan, agar tingkat partisipasi pemilih pada pemilu tahun 2024 dapat lebih meningkat dan menggembirakan.

“Karena ini adalah saat dimana masyarakat memanfaatkan potensi dirinya, membangun negeri melalui penyaluran suara berdasarkan aturan dan perundang-undangan yang berlaku,” urainya.

Baca Juga : Pj Wali Kota Palopo Asrul Sani Minta Petugas TPS Koordinasi Jika Temukan Kendala

“Saya ucapkan selamat bertugas, semoga tugas ini senantiasa bernilai ibadah disisi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa. Mari kita mewujudkan pemilu yang aman dan damai di Kota Palopo,” tutupnya.

Hadir pada apel gelar pasukan itu, unsur Forkopimda Kota Palopo, para Asisten, Komisioner KPU dan Bawaslu Kota Palopo, pimpinan perangkat daerah.

Selain itu, turut hadir dari unsur TNI, Polres Palopo, Camat, Lurah, tenaga kesehatan, Linmas TPS, dan RT/RW lingkup Pemkot Palopo.

Penulis : Azwar
Komentar