Minggu, 12 November 2023 11:04

Piala Dunia U-17: Timnas Indonesia Mesti Tiru Semangat Iran Saat Jungkal Brasil

Piala Dunia U-17: Timnas Indonesia Mesti Tiru Semangat Iran Saat Jungkal Brasil

ABATANEWS.COM – Timnas Iran U-17 secara mengejutkan mengalahkan salah satu tim favorit, Brasil dalam laga perdana Grup C Piala Dunia U-17.

Iran berhasil membungkam juara bertahan itu dengan skor tipis 3-2. Kemenangan Iran di Stadion JIS, Jakarta, kemarin (11/10/2023) tak mudah.

Bagaimana tidak, Iran lebih dulu tertinggal 0-2 hingga babak pertama berakhir. Pada babak kedua, Iran bermain sangat beringas dan seolah tak punya lelah.

Baca Juga : Erick Thohir Berencana Calonkan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Secara mengejutkan, Iran berhasil membalikkan keadaan menjadi 3-2. Gol Yaghoob Barajeh (54′), Kasra Taheri (69′) dan Esmaeil Gholizadeh Samian (73′) benar-benar membuat Tim Samba junior tak berkutik. Bahkan, 9 menit waktu tambahan di akhir babak kedua tak bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Rayan dkk.

Salah satu tim farovit lainnya, Argentina juga keok. Argentina kalah atas Senegal dengan skor 1-2. Sebuah kejutan.

Sesuai jadwal, Timnas Indonesia akan melakoni laga keduanya di Grup A pada Senin (13/11/2023) besok.

Baca Juga : Piala Dunia U-17 Berakhir, Indonesia Dapat Pujian dari Peserta

Warganet banyak menyerukan kepada Tim Garuda Muda untuk meniru semangat bermain yang ditunjukkan oleh Iran dan Senegal saat bermain melawan tim kuat. Bukan tidak mungkin, kans Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar terbuka lebar.

Sebab, Indonesia telah mengantongi 1 poin setelah bermain imbang melawan tim kuat lainnya, Ekuador pada Jumat (10/11/2023) kemarin.

Besok, Arkhan Kaka dkk akan menghadapi tim juru kunci saat ini, Panama. Panama pada laga sebelumnya kalah dengan skor 0-2 atas Maroko.

Baca Juga : Sekarang Timnas Indonesia U-17 Masih Lolos 16 Besar Piala Dunia, Belum Tentu Malam Ini

Memang, di atas kertas, Panama merupakan tim yang cukup tangguh. Tapi berkaca pada laga lainnya, peluang kemenangan masih dicapai, demi mencetak sejarah baru di sepak bola tanah air: lolos dari fase grup di Piala Dunia.

“Pada akhirnya yang terpenting adalah memberikan segalanya. Sebab terkadang, bukan hasil yang penting, tetapi kekuatan yang kalian berikan di lapangan,” ujar salah satu Brand Ambassador Piala Dunia U-17, Radja Nainggolan saat memberikan motivasi kepada pemain timnas, kemarin (11/11/2023).

“Saya pikir orang-orang akan lebih bangga ketika Anda memberikan segalanya dalam permainan. Menurut saya, paling penting memberikan segalanya daripada hanya memenangkan pertandingan,” tambah mantan pemain Inter Milan dan AS Roma tersebut.

Baca Juga : Kapten Timnas Argentina U-17: Lapangan Si Jalak Harupat Lebih Baik Dibanding JIS

“Ada banyak pemain yang berbakat tetapi mereka tidak menjadi apa-apa atau bukan siapa-siapa. Menurut saya, yang paling penting adalah selalu bekerja keras,” imbuhnya.

Bila Timnas Indonesia berhasil menang melawan Panama besok, tiket babak 16 besar dipastikan akan dikunci. Kendati hanya bisa bermain imbang, peluang itu tetap ada, lewat skema peringakat 3 terbaik di grup.

Ayo Garuda!

Penulis : Azwar
Komentar