Selasa, 02 Agustus 2022 19:10

Pemprov Sulsel Pilih Perkada Selesaikan Perda LPKj APBD 2022, Ini Tanggapan Ketua DPRD Sulsel

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman bersama dengan Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika melakukan penandatanganan persetujuan bersama terhadap 3 Rancangan Perda pada Rapat Paripurna DPRD Sulsel, Jum’at (23/4/2022).. (abatanews/Wahyuddin)
Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman bersama dengan Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika melakukan penandatanganan persetujuan bersama terhadap 3 Rancangan Perda pada Rapat Paripurna DPRD Sulsel, Jum’at (23/4/2022).. (abatanews/Wahyuddin)

ABATANEWS, MAKASSAR – Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari menyayangkan langkah Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memilih menggunakan peraturan kepala daerah dibanding peraturan daerah (perda) untuk laporan pertanggungjawaban APBD Sulsel 2021.

Hal itu disampaikan Andi Ina setelah rapat tim badan anggaran DPRD Sulsel dengan Tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) Sulsel di Gedung DPRD Sulsel Senin (1/8/2022) siang.

“Kami sangat sayangkan oleh karena pengambilan keputusan itu (Pemprov Sulsel), sama sekali tidak ada komunikasi dengan kami,” kata Andi Ina di Gedung DPRD Sulsel.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel: Fasilitas Rumah Sakit Kemenkes Makassar Lengkap dan Modern

Andi Ina menilai, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman tidak berkomunikasi dengan DPRD Sulsel untuk mengambil langkah penggunaan peraturan kepala daerah.

Padahal, katanya, DPRD Sulsel telah membuka ruang untuk mengagendakan rapat paripurna ulang.

DPRD Sulsel juga telah terbang ke Jakarta menemui Kemendagri untuk berkonsultasi.

Baca Juga : Tanggapan Gubernur Soal Ranperda APBD, Sembilan Fraksi DPRD Sulsel Sepakati

“Kami sayangkan langkah yang telah diambil Pemprov Sulsel, perkada diputuskan pihak eksekutif sendiri,” kata Andi Ina.

DPRD Sulsel awalnya berpandangan batas akhir rapat paripurna pada 20 Juli 2022. Belakangan berdasarkan hasil konsultasi dengan Deperteman Dalam Negeri (Depdagri), batas akhir rupanya 1 Agustus 2022.

DPRD Sulsel mengundang TAPD Sulsel rapat bersama tim badan anggaran.

Baca Juga : Taufan Pawe Coret Nama Kadir Halid Jadi Kandidat Wakil Ketua DPRD Sulsel

“Sebelum rapat banggar, kami pertanyakan secara langsung seperti apa langkah TAPD mengenai LKPj ini. Jawabannya mereka sudah memutuskan itu melalui perkada,” kata Andi Ina.

Andi mengatakan, DPRD Sulsel sejatinya telah membuka ruang rapat paripurna ulang untuk penandatangan bersama LKPj APBD Sulsel 2022.

Menurutnya, DPRD Sulsel telah menjalankan tugasnya sesuai kewenangan.

Baca Juga : 5 Kepala Daerah di Sulsel Maju di Pilkada Serentak 2024, Pemprov Bakal Tunjuk Pjs

“Jadi seperti apa disampaikan TAPD, terkati dengan LPJ ABPD Sulsel 2021, menurut kami ruang untuk ada paripurna ulang sesuai hasil konsultasi depdagri,” kata Andi Ina.

“Kami telah melalukan dan sampaikan, hasil konsultasi itu ada tanggal menurut kami dan depdagri berbeda. Menurut depdagri batas akhir penandatangan bersama itu 1 Agusuts hari ini,” katanya.

Ina menjelaskan, rapat paripurna pada 20 Juli 2022 lalu tidak berakhir dengan penandatangan bersama karena syarat formal tidak terpenuhi.

Baca Juga : BPS Catat Inflasi Sulsel di Bulan Agustus 1,77 Persen

Ketika itu, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman sedang menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah. Sementara Sekretaris Daerah Provinsi Abdul Hayat Gani datang tanpa membawa surat mandat.

Akhirnya DPRD Sulsel menolak melanjutkan penandatangan bersama LKPj APBD Sulsel 2022.

“Kami di DPRD sudah menjalankan tugas kami sesuai dengan kewenangan pada kami. Kemudian akhirnya diujung terakhir tidak terjadi pemandangan bersama pada 20 Juli lalu, ada hal menurut kami menurut syarat formal tidak terpenuhi,” katanya.

Baca Juga : 3 Anak Muda Sulsel Cetak Prestasi di Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia 2024

“Kemudian ruang kami membuka paripurna ulang, itu dimungkinkan berdasarkan konsultasi. Itu menurut Pemprov tidak perlu lagi oleh karena mereka sudah putuskan melalui perkada,” katanya.

Penulis : Wahyuddin
Komentar