Jumat, 26 Agustus 2022 20:09

Pemprov Sulsel Pastikan Sigap Tanggap Bencana

Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Herman Rala.
Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Herman Rala.

ABATANEWS, MAKASSAR – Provinsi Sulawesi Selatan menjadi salah satu daerah yang kerap kali terjadi bencana, diantaranya banjir, longsor, gempa dan lainnya.

Dalam kondisi ini, kehadiran pemerintah sangat penting paling pertama hadir memberikan bantuan kepada masyarakat yang menjadi korban dari bencana yang terjadi tersebut.

Pemerintah Provinsi Sulsel melalui Dinas Sosial memastikan akan selalu hadir dan tepat waktu memberikan bantuan baik berupa logistik, makanan dan hal-hal lain yang dianggap mendesak menjadi kebutuhan warga.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel: Fasilitas Rumah Sakit Kemenkes Makassar Lengkap dan Modern

“Kami di Dinas Sosial sudah memetakan daerah yang rawan bencana. Karena kita ini tidak mampu menjangkau semua wilayah, maka strategi kami adalah dengan menitipkan bantuan ke daerah, sehingga begitu ada bencana, itu bisa langsung didistribusikan ke lokasi bencana,” ujar Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Herman Rala kepada awak media, Jumat (26/8/2022).

Herman menambahkan bahwa, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman memberi perhatian khusus atas bencana yang terjadi di daerah-daerah.

“Bukti atensi Pak Gubernur terhadap korban bencana di Sulsel dengan meningkatkan pos anggaran di APBD kita, tahun ini saja setidaknya ada kurang lebih Rp2,6 miliar disiapkan,” tuturnya.

Baca Juga : Tanggapan Gubernur Soal Ranperda APBD, Sembilan Fraksi DPRD Sulsel Sepakati

Andi Sudirman juga kata Herman ingin memastikan betul bantuan yang disalurkan tepat sasaran dan paling pertama diterima warga atau korban.

“Kita berkomitmen bahwa pemerintah tidak boleh kehilangan momentum, makanya kita selalu hadir pertama memberi bantuan, relawan kita di daerah diterjunkan melakukan pendataan, satu jam setelah bencana wajib melaporkan ke kami, apa-apa saja yang dibutuhkan untuk didistribusikan secepatnya,” ungkapnya.

Meski begitu, Herman mengakui pihaknya begitu berat menghadapi informasi hoaks yang marak di media sosial, terutama berkaitan dengan kebencanaan.

Baca Juga : 5 Kepala Daerah di Sulsel Maju di Pilkada Serentak 2024, Pemprov Bakal Tunjuk Pjs

“Akibat berita-berita hoaks, Bu Menteri Sosial (Tri Rismaharini) dua kali hampir berkunjung ke Sulsel ingin melihat bencana yang terjadi, padahal setelah kita cek ke lapangan itu tidak sesuai dengan yang beredar. Tentu ini menjadi tantangan bagi kami ke depan,” demikian Herman.

Komentar