Senin, 25 Maret 2024 19:05

Pemprov Sulsel Dukung Rakorda Penyelenggaraan Informasi Geospasial

Pemprov Sulsel Dukung Rakorda Penyelenggaraan Informasi Geospasial

ABATANEWS, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mendukung rencana pelaksanaan Rapat koordinasi Daerah ( RAKORDA) Penyelenggara Informasi Geospasial Regional Sulawesi oleh Badan Informasi Geospasial.

Sebagai bentuk kesiapan itu, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Sulsel melaksanakan Rapat Koordinasi Daerah Penyelenggaraan Informasi Geospasial secara daring, 25 Maret 2024.

Dalam pembahasan pra rakor tersebut, Sulsel akan menjadi tuan rumah dalam Rakorda Penyelenggara Informasi Geospasial Regional Sulawesi yang rencananya akan diselenggarakan pada bulan Mei 2024 mendatang.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Senang Masyarakat Antusias Sambut Hari Bumi

Dalam kesempatan itu, dipimpin oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Sulsel, Andi Winarno Eka Putra mengikuti secara daring di Ruang Video Conference Lantai 5, Senin 25 Maret 2024. Ia didampingi Kepala Bidang Statistik, Fitra; Kepala Bidang Aptika, Sultan Rakib; dan Subkord e-Government, Andi Paisal.

Secara virtual, Saat rapat tersebut, Badan Informasi Geospasial (BIG) bersama perwakilan daerah provinsi dihadiri PPIG Unhas Prof Nurjannah, Dinas PSDA Sulsel, Bappepelitbangda Sulsel, Akademisi Unhas, serta diikuti oleh Dinas Kominfo, Dinas Tata Ruang, dan Bappelitbangda Kabupaten/Kota se Sulsel.

Pemprov Sulsel tentu menyambut baik dengan rencana Rakorda Penyelenggara Informasi Geospasial Regional Sulawesi. Bapak Gubernur sangat menyadari besarnya tanggungjawab serta peran yang sedang diemban BIG dalam rangka mewujudkan terciptanya pemerataan terhadap pengetahuan yang benar tentang pemetaan tata ruang dan batas wilayah di seluruh pelosok tanah air khususnya di Sulawesi selatan,” jelas Andi Winarno.

Baca Juga : Bupati Tana Toraja Apresiasi Respon Cepat Pj Gubernur Bahtiar Kunjungi Korban Longsor

Menurutnya, hal itu juga berkaitan dengan pentingnya eksistensi Kebijakan Satu data Indonesia ( SDI) yang mengacu pada satu referensi geospasial dalam mengawal perencanaan pembangunan Nasional.

“SDI kedepannya harus bisa terintegrasi antara pemerintah Provinsi dan pemerintah daerah Kabupaten/Kota guna menghasilkan satu data yang sama dalam lingkup regional Sulawesi Selatan,” jelasnya.

Lebih lanjut, dirinya mendorong seluruh Kabupaten/Kota untuk membentuk Geoportal. Dirinya berharap, dengan sinergi bersama dalam mengembangkan simpul jaringan dan membangun informasi geospasial yang andal.

Baca Juga : Tana Toraja Berduka, Pj Gubernur Bahtiar Kunjungi Korban dan Serahkan Bantuan

Kepala Pusat Standarisasi dan Kelembagaan Informasi Geospasial, Rer-Nat Sumaryono menyampaikan, bahwa saat ini semakin kuatnya pengarusutamaan geospasial. “Kita berharap Rakorda ini akan lebih menguatkan pemahaman kita bahwa informasi geospasial ini sangat penting. Penyelenggaraan pembangunan geospasial perlu dilakukan di setiap daerah,” jelasnya.

Pihaknya pun menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Sulsel dan Kabupaten/Kota lainnya yang menyambut baik rencana Rapat koordinasi Daerah (RAKORDA) Penyelenggara Informasi Geospasial Regional Sulawesi.

Penulis : Azwar
Komentar