Sabtu, 12 Juni 2021 18:04

Pemprov Pastikan Atlet dan Official PON Sulsel Divaksin

Andi Sudirman Sulaiman
Andi Sudirman Sulaiman

ABATANEWS, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman memastikan para atlet Sulsel akab mendapatkan vaksin sebelum bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan dilaksanakan 2-15 Oktober di Papua.

Andi Sudirman pun berharap Sulsel dapat meraih hasil terbaik.

“Kita doakan semuanya menang,” kata Andi Sudirman.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Zudan Tekankan Pentingnya Pembangunan Pendidikan dan Ekonomi Regional di Kota Parepare

Andi Sudirman mengatakan, vaksinasi untuk atlet juga sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi dan Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainuddin Amali. Sebab, persyaratan ini bagi atlet yang akan bertanding, juga untuk memastikan keamanan atlet di masa latihan.

“Sudah ada instruksi dari Menpora, bahwa harus semuanya divaksin sebelum bertanding,” sebutnya.

Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel bersama stakeholder, terus mematangkan persiapan vaksinasi. Termasuk untuk tenaga pendukung seperti unsur pelatih, asisten pelatih, dan mekanik.

Baca Juga : Pj Gubernur Bareng Danny Pomanto Tinjau Pasar Tradidional Jepang Idul Adha

Kepala Dispora Sulsel, Andi Arwin Azis, mengatakan, arahan ini telah ada pada rapat persiapan PON. Diingatkan kepada pelaksana, dalam hal ini PB PON untuk selanjutnya menyampaikan kepada seluruh gubernur se-Indonesia menjadikan prioritas vaksinasi untuk atlet-atlet yang akan dikirim ke Papua.

“Jadi dipersyaratkan, tidak boleh diberangkatkan kalau belum dilakukan vaksin. Ini kembali diingatkan oleh Pak Menpora, pada saat Pak Plt Gubernur audiensi beberapa hari lalu,” ungkapnya.

Menyikapi hal tersebut, kata Arwin, Dispora Sulsel menindaklanjuti dengan mengirimkan surat permintaan vaksinasi ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Zudan Harap Festival Sulsel Menari Kembali Digelar Tahun Depan

“Belum ada jadwal dari Dinkes, kita masih menunggu. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah bisa dijadwalkan, lalu kemudian kita mempersiapkan atlet untuk mendapatkan dosis satu dan dosis dua,” harapnya.

Ia berharap, setelah divaksinasi, atlet kembali lagi untuk mempersiapkan diri dalam berlatih sebelum diberangkatkan. Data dari KONI Sulsel, sebanyak 265 personil akan diberangkatkan, terdiri dari 201 atlet, 46 pelatih, 7 asisten pelatih dan 11 mekanik. Para atlet akan bertarung di 32 cabang olahraga, dari 37 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Komentar