Jumat, 19 Juli 2024 09:13

Pemkot Palopo Apresiasi SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama yang Konsisten Didik Calon Pelaut Ulung

Pemkot Palopo Apresiasi SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama yang Konsisten Didik Calon Pelaut Ulung

ABATANEWS, PALOPO – Asisten II Setda Kota Palopo, Ilham Hamid SE., M.Si., mewakili Pj. Wali Kota Palopo, menghadiri pelantikan SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo.

Pelantikan kali ini yakni, Perwira Pelayaran Niaga lulusan Diklat Pelaut tingkat IV, Pembentukan Ahli Nautika tingkat IV (ANT-IV) dan Ahli Teknika Tingkat IV (ATT-IV) bertempat di lapangan Gaspa, Kamis (18/07/2024).

Ketua Harian Dewan Penguji Keahlian Pelaut Direktorat Jendral Perhubungan Laut Republik Indonesia, DR. Capt Karolus G. Sengadji, M.M.,MH mengucapkan selamat dan sukses kepada wisudawan dan wisudawati.

Baca Juga : Hadiri Pembukaan PKM di Universitas Mega Buana Palopo, Ini Pesan Pj Wali Kota Palopo Asrul Sani

“Kepada wisudawan wisudawati agar setelah dilantik menjadi perwira pelayaran, perlu diingat bahwa perjuangan dan pengorbanan selama ini merupakan legalitas yang memiliki makna dan nilai moral dan harus melekat dalam perjalanan karir sodara,” kata Karolus.

Sehingga ketika kembali ke lingkungan keluarga dan masyarakat, kata Karolus, para lulusan harus memberi contoh dan panutan yang bermanfaat.

“Hari ini membuktikan bahwa SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo, tidak hanya sekedar wacana dalam mencetak pelaut, tetapi benar benar melahirkan perwira yang berkompeten di bidangnya,” katanya.

Baca Juga : Wakili Asrul Sani, Ilham Hamid Hadiri Hadiri Sosialisasi Manfaat Program BPJS Ketenagakerjaan

Karolus juga meminta kepada para alumni, untuk membuktikan kepada dunia bahwa alumni SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo bisa bersaing di manapun.

“Akhir kata tetaplah menjunjung tinggi tidak hanya nama sekolah almamater, tetapi juga membawa nama baik negara kesatuan Republik Indonesia.,” tandasnya.

Selanjutnya DR Capt Karolus G. Sengadji, melakukan pelantikan perwira pelayaran niaga yang ditandai dengan penanggalan evolet dan pemasangan pangkat serta samir perwira dilanjutkan pembacaan ikrar perwira.

Baca Juga : Paripurna DPRD Palopo, Asrul Sani Tekankan Perubahan KUPA dan PPAS agar Target Awal APBD Dapat Disesuaikan

Sementara itu sambutan Pj Walikota Palopo yang disampaikan, Ilham Hamid, menyampaikan Pemerintah Kota Palopo mengucapkan selamat kepada para perwira atas pencapaian dan keberhasilan telah menuntaskan tahapan pendidikan.

“Sebagai anak bangsa yang hidup di negara maritim, maka berkesempatan baik setelah dilantik adalah membuktikan diri anda sebagai pelaut ulung yang mampu membanggakan keluarga, bangsa dan negara,” kata Ilham Hamid.

Ilham berharap para alumni agar tetap berpegang teguh pada slogan “Jalesveva Jayamahe”.

Baca Juga : Pj Wali Kota Palopo Audiensi Bersama PT WWL, Calon Investor Pantai Labombo

“Pemerintah Kota Palopo mengapresiasi komitmen dan upaya konsisten jajaran SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo yang telah membantu mendidik dan melahirkan calon-calon pelaut unggul,” katanya.

Peningkatan kapasitas anak didik di lembaga pendidikan ini, kata Ilham, harus sejalan dengan penguatan kualitas, sehingga pada saatnya nanti lulusan SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo dapat diterima dengan baik serta berdaya saing dengan alumni lembaga pendidikan serupa.

“Harapnya dengan jaringan yang ada yang dimiliki, kiranya dapat membantu para lulusan untuk diterima pada perusahaan yang dapat memberdayakan skill mereka,” jelasnya.

Baca Juga : Pj Wali Kota Palopo Hadiri High Level Meeting Stabilitasi Harga Bahan Pokok

“Kepada orang tua perwira mapun taruna yang masih menempuh pendidikan di SMK pelayaran ini, agar tetap penuh semangat memberi dukungan kepada anak-anak kita dalam menghadapi masa depan,” tutupnya.

Untuk diketahui SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo melantik 134 orang diantaranya 73 orang jurusan Thenika dan 61 orang jurusan Nautika Kapal Niaga.

Turut hadir pada pelantikan ini, Forkopimda Kota Palopo, para rektor universitas perguruan tinggi Kota Palopo, Direktur Politehnik Akademi Kemaritiman Sulsel, Pembina Yayasan Banua Nusantara Palopo, Ketua TP-PKK Kota Palopo.

Penulis : Azwar
Komentar