Minggu, 10 September 2023 17:16

Pemkab Maros Mulai Buka Pendaftaran Calon Pimpinan Baznas Besok

Focus Group Discussion (FGD) bertajuk "Kemiskinan Tanggung Jawab Siapa?", yang digelar Pemkab Maros bekerja sama dengan Baznas, di Maros, kemarin (15/9/2022).
Focus Group Discussion (FGD) bertajuk "Kemiskinan Tanggung Jawab Siapa?", yang digelar Pemkab Maros bekerja sama dengan Baznas, di Maros, kemarin (15/9/2022).

 

ABATANEWS, MAROS — Pemerintah Kabupaten Maros melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) mulai membuka seleksi calon pimpinan Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Maros.

Proses seleksi capim Baznas Maros ini didasari Surat Ketua Baznas RI Nomor : B/2836/BPR-BHKL/KETUA/KD.02.05/VI/2023, tanggal 16 Juni 2023, perihal himbauan berakhir masa kerja pimpinan Baznas Kabupaten Maros 2019-2024.

Baca Juga : Dewan Minta Pemkab Maros Tutup Wisata Air Terjun Jami Usai Telan Korban Jiwa

Ketua Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Capim) Baznas Kabupaten Maros, Amiruddin mengatakan proses seleksi Capim Baznas ini dilakukan karena masa kerja pimpinan Baznas Maros akan berakhir.

“Jadi memang jabatan pimpinan Baznas Maros akan berakhir 1 Maret 2024. Makanya kita mulai membuka seleksi berdasarkan surat keputusan (SK) Bupati Maros Nomor 960/KPTS/400/VIII/2023 tentang pembentukanPanitia Selksi Calon Pimpinan Baznas Maros Periode 2024-2029,” ungkap pria yang juga menjabat Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Maros.

Dia mengatakan kalau ada beberapa persyaratan umum dan khusus yang harus dipenuhi pendaftar.

Baca Juga : Bupati Maros Luncurkan Program Inkubasi Pertanian di Tompobulu

“Untuk persyaratan umum yangvharus dipenuhi itu diantaranya berusia paling sedikit 40 tahun, tidak menjadi anggota partai politik, tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis, tidak merangkap jabatan sebagai pengurus dan atau pegawai pengelola zakat,” jelasnya.

Lebih lanjut kata dia, proses seleksi Capim Baznas Maros ini akan dilakukan melalui tiga tahapan.
“Tahap I itu seleksi administrasi, tahap II uji kompetensi (tes tertulis) dan ke III tahap wawancara,” sebutnya.

Tahapan seleksi akan mulai dibuka Senin, 11 September.

Baca Juga : Kabar Gembira, Bupati Chaidir Pastikan Akan Bangun Sekolah di Dusun Bara

“Pengumuman seleksi dan pendaftaran akan mulai dibuka Senin, 11 September hingga 6 November mendatang,” ungkapnya.

Selanjutnya kata dia, jika pendaftar dianggap belum memenuhi jumlah yang dibutuhkan maka akan dilakukan perpanjangan pendaftaran.

“Jadi calon pimpinan Baznas Maros yang akan dipilih dan diusulkan ke Badan Pertimbangan Baznas pusat berjumlah 10 orang yang akan mengikuti verifikasi faktual. Dan akan dinyatakan lulus sebanyak lima orang untuk mendapatkan rekomendasi menjadi pimpinan Baznas Maros,” kata mantan Kadis DLH Maros ini.

Baca Juga : Job Fair Pemkab Maros Hadirkan 633 Lowongan Kerja dari 26 Perusahaan

Makanya kalau pendaftarnya dianggap belum memenuhi kuota, kita akan perpanjang proses pendaftarannya mulai 7 November hingga 25 November mendatang, sambungnya.

“Setelah itu kemudian dilanjutkan seleksi administrasi pada 26 November hingga 6 Desember mendatang,” sebutnya.

Selanjutnya kata dia, pengumuman hasil seleksi administrasi akan dilakukan pada 7 Desember mendatang.

Baca Juga : Maros Dapat Jatah 27.401 Ton Pupuk Subsidi di Tahun 2024

“Seleksi uji kompetensi, tes tertulis dan persentase makalah dilakukan 8 Desember sampai 20 Desember. Dan dilanjutkan pengumuman seleksi pada tanggal 21 Desember,” katanya.

Dilanjutkan seleksi wawancara tanggal 22 Desember hingga 5 Januari 2024 dan pengumuman hasil wawancara 8 Januari 2024.

Penulis : Azwar
Komentar