Jumat, 10 Juni 2022 20:11

Pemerintah Belum Izinkan Lepas Masker Sepenuhnya, Ini Alasan Satgas Covid-19

Ilustrasi suasana pandemi Covid-19 di China. (Foto: Getty Image)
Ilustrasi suasana pandemi Covid-19 di China. (Foto: Getty Image)

ABATANEWS, JAKARTA – Pemerintah belum memberi izin kepada masyarakat untuk melepas masker sepenuhnya. Meski, angka kasus Covid-19 di tanah air terus menurun dan dibolehkan bila berada di ruang publik.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito menekankan, penggunaan masker saat ini tetap berlaku. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) masih menganjurkan penggunaan masker, terutama di ruang tertutup.

“Dalam menentukan langkah ke depan, Pemerintah Indonesia melihat perkembangan kasus dari berbagai negara. Pada bulan Mei lalu, WHO masih mengajukan penggunaan masker di ruang tertutup dengan sirkulasi udara yang minim,” tegas Wiku di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta, Jumat (10/6/2022), seperti dikutip dari Liputan6.com

Baca Juga : Ahmad Dhani Tuai Hujatan Usai Sebut K-Pop Seperti Wabah Covid-19

Relaksasi masker yang berjalan, perkembangan COVID-19 di Indonesia masih terbilang terkendali. Namun, kasus harian dalam tiga pekan terakhir masih fluktuatif.

Meski begitu, kasus infeksi harian COVID-19 secara nasional masih di bawah rata-rata dunia, yakni 1 banding 60 kasus per 1.000 penduduk yang juga menurun. Situasi ini diikuti tingkat kesembuhan tinggi mencapai 97,36 persen yang masih berada di atas rata-rata kesembuhan dunia.

“Satgas melakukan monitoring setiap harinya untuk menjaga tingkat kasus terkendali, baik keterisian tempat tidur (Bed Occupancy Ratio/BOR), kesembuhan, dan kematian akibat COVID-19,” jelas Wiku.

Penulis : Imam Adzka
Komentar