Minggu, 06 Februari 2022 08:00

Pemda Maluku Tenggara Pamerkan Keindahan Destinasi Wisata Pantai

Rangkaian Maluku Baileo Exhibition (MBE) yang digelar di Mall Ratu Indah Makassar. (Foto: Abatantews/Imam Adzka)
Rangkaian Maluku Baileo Exhibition (MBE) yang digelar di Mall Ratu Indah Makassar. (Foto: Abatantews/Imam Adzka)

ABATANEWS, MAKASSAR – Rangkaian Maluku Baileo Exhibition (MBE) yang digelar di Mall Ratu Indah Makassar turut menghadirkan pameran UMKM dan potensi destinasi wisata di wilayah Provinsi Maluku.

Salah satunya adalah stand destinasi wisata yang ada di Kabupaten Maluku Tenggara oleh Dinas Parawisata Maluku Tenggara.

Stand tersebut memperlihatkan banyaknya potensi wisata yang ada di Maluku Tenggara, total ada 16 destinasi wisata unggulan yang diperlihatkan.

Baca Juga : Ini Destinasi Wisata Yang Diyakini Bakal Ramai Saat Libur Lebaran

Dari 16 destinasi wisata unggulan tersebut, terdapat 5 destinasi prioritas yakni Pantai Ngurbloat, Pantai Ngursardanan, Pantai Met Bal Sorbay, Gowa Hawang, dan Pantai Ngurtavur.

Salah satu giat wisata yang terkenal di Maluku Tenggara yakni Festival Meti Kei yang digelar setiap tahun. Menurut Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun, festival tersebut telah terdaftar di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Festival Meti Kei ini diadakan setiap tahun dan telah terdafatr di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai agenda Nasional,” ucapnya.

Baca Juga : Jokowi Angkat Bicara Soal Gubernur Maluku Kena OTT KPK

Sementara itu, Nurjannah Yunus, Kepala Dinas Parawisata Kabupaten Maluku Tenggara mengatakan bahwa di daerahnya potensi wisata diklafikasiakan menjadi empat yakni wisata bahari, wisata alam bahari, wisata kuliner dan wisata religi.

“Jadi di Maluku Utara itu lengkap potensi wisatanya, dari wisata bahari hingga wisata religi,” ungkapnya ke awak media, Sabtu, (05/02/2022).

Ia pun mengaku jika sebelum pandemi kunjungan wisatawan cukup banyak, pertahunnya dapat menyentuh kurang lebih 10 ribu pengunjung.

Baca Juga : Kisah Turis Finlandia Doyan dan Terpesona dengan Keindahan Bunaken Manado

“Sebelum pandemi pengunjung cukup banyak, dalam setahun itu dapat mencapai 10 ribu pengunjung,” jelasnya.

Ia pun berharap melalui Festival Meti Kei dan promosi parawisata di media dapat kembali mendongkrak kunjungan wisatawan.

“Mudah-mudahan tahun ini kembali banyak wisatawan yang berkunjung,” tutupnya.

Penulis : Imam Adzka
Komentar