Sabtu, 16 September 2023 17:08

Pekan Depan, Demokrat Akan Tentukan Arah Koalisi

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, berharap KPU dan Bawaslu bisa bekerja sebaik-baiknya supaya insiden jatuhnya korban jiwa di kalangan Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Pemilu 2019 tidak terulang lagi.
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, berharap KPU dan Bawaslu bisa bekerja sebaik-baiknya supaya insiden jatuhnya korban jiwa di kalangan Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Pemilu 2019 tidak terulang lagi.

ABATANEWS.COM – Partai Demokrat akan segera menentukan arah koalisi di Pemilu 2024 mendatang. Terutama, menentukan dukungannya rerhadap Capres dan Cawapres.

Kepala Bakomstra Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan Ketum Demokrat AGUS Harimurti Yudhoyono (AHY) tengah menyusun rekomendasi arah koalisi Demokrat. Rekomendasi itu akan disampaikan ke Majelis Tinggi Partai Demokrat.

“Sedangkan arah koalisi atau kerja sama kami ke depannya, kemungkinan baru minggu depan baru bisa kami sampaikan ke publik,” katanya kepada wartawan, Sabtu (16/9/2023).

Baca Juga : AHY Serahkan Rekomendasi Demokrat untuk ASS-Fatmawati di Pigub Sulsel 2024

Demokrat diketahui resmi mencabut dukungannya terhadap bakal capres Anies Baswedan. Dengan begitu, Demokrat keluar dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) setelah Majelis Tinggi Partai Demokrat menggelar rapat di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Jumat (1/9/2023).

Hal itu dilakukan Demokrat setelah Anies Baswedan memilih Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai bakal calon wakil presiden pada Pilpres 2024.

Usai angkat kaki dari koalisi KPP, Partai Demokrat dikait-kaitkan bakal merapat ke PDIP. Baik pihak PDIP dan Demokrat bahkan sudah melakukan pertemuan.

Baca Juga : AHY Copot Menantu Bupati Jember dari Ketua Usai Gagal di Pileg 2024, Siapa Berikutnya?

Hal itu diungkapkan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto beberapa waktu lalu. Ia bahkan telah menemui Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky.

“Kami mendengar beberapa partai politik yang mengusung Pak Ganjar itu juga akan mengadakan pertemuan dengan Partai Demokrat. Ini hal yang bagus komunikasi politik membangun kesepahaman,” demikin Hasto Kristiyanto bebrapa waktu lalu.

Penulis : Wahyuddin
Komentar