Rabu, 24 Juli 2024 20:17

PDIP Umumkan Usungan di Pilgub Akhir Juli, Siapa Disiapkan Lawan Andi Sudirman?

Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo dalam kampanye akbar di Gedung Upperhills, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (30/1/2024).
Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo dalam kampanye akbar di Gedung Upperhills, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (30/1/2024).

ABATANEWS, SLEMAN — PDIP bakal mengumumkan para usungannya di tingkat pilgub se-Indonesia akhir Juli. Hal itu disampaikan oleh Ketua DPP PDIP Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Ganjar Pranowo, di UGM, pada Rabu (24/7/2024).

Menurut Ganjar, sejauh ini, PDIP belum ada jagoan di pilgub. Semuanya disebut masih dalam proses seleksi.

“Kalau pilgub seluruh Indonesia sekarang lagi berproses, insya Allah akhir bulan ini mungkin secara bertahap akan mulai diumumkan termasuk Jakarta, Jawa Tengah, provinsi-provinsi besar pasti seksi, kan, orang ingin melihat semua,” kata Ganjar.

Baca Juga : Relawan Prabowo-Gibran 08 Sulsel Nyatakan Dukungan ke Andi Sudirman-Fatmawati di Pilgub 2024

Ia pun memberi kisi-kisi perihal sosok yang berpeluang akan diusung PDIP. Termasuk yang punya peluang besar ialah kader PDIP.

“Ya siapapun akan punya kecocokan ketika dia mampu mengetahui dan punya satu konsepsi untuk kemudian merespons persoalan-persoalan penting, siapapun bisa, kadernya banyak kok,” ungkap mantan gubernur Jateng dua periode itu.

Seperti diketahui, saat ini di Sulsel, kader PDIP yang digadang-gadang akan maju sebagai calon gubernur ialah Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto. Bahkan, beberapa kali Wali Kota Makassar itu mengklaim, telah mendapat mandat dari partainya untuk maju berkontestasi di Pilkada Serentak 2024 kali ini.

Baca Juga : Danny Pomanto: RS Kemenkes Makassar Bisa Beckup IKN dan Indonesia Timur

Sejauh ini, baru Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi yang punya kans besar akan melenggang ke arena politik. Keduanya telah mendapat rekomendasi resmi dari DPP Demokrat.

Meski, Demokrat masih butuh kawan koalisi parpol untuk mencukupkan batas kuota persyaratan yang diajukan ke KPU nantinya.

Selain Demokrat, NasDem di tingkat provinsi sebetulnya sudah lebih dulu mengumumkan duet ini. Hanya saja, belum ada keterangan resmi dari DPP NasDem soal pasangan ini.

Baca Juga : Danny Pomanto Pastikan Tak Mundur dari Jabatan Wali Kota Makassar, Hanya Terikat Aturan Kampanye

Bila nantinya DPP NasDem resmi mengeluarkan mandat untuk pasangan Sudirman-Fatma, maka dipastikan keduanya tak perlu kerja keras lain mencukupkan koalisi partai untuk masuk ke gelanggang politik tahun ini. Sebab, NasDem tanpa koalisi pun bisa mengusung pasangan calon di Pilgub Sulsel 2024.

Penulis : Wahyuddin
Komentar