Rabu, 31 Agustus 2022 20:10

PDIP Dukung Rencana Pemerintah Naikkan BBM Besok

Ilustrasi SPBU
Ilustrasi SPBU

ABATANEWS, JAKARTA — PDIP mengutarakan persetujuannya atas rencana pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Seperti diketahui, kabar pasti kenaikan harga BBM bersubsidi jenis pertalite dan solar akan diumumkan hari ini dan akan mulai diterapkan per 1 September 2022.

“Dalam hal yang sulit itu kami meyakini Pak Jokowi akan mengambil keputusan yang terbaik dan kami juga memberikan masukan bagaimana kami harus melakukan langkah-langkah konsolidasi dalam menghadapi masa-masa yang tidak mudah ini,” kata Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto pada wartawan di Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (31/8/2022).

Bagi Hasto, pemerintah telah melakukan perhitungan yang matang sebelum mengambil kebijakan yang tidak populis ini. Termasuk, rencana pemerintah untuk mengantisipasi dampak yang terjadi di tengah masyarakat dengan memberinya bantuan.

Baca Juga : Pemerintah Canangkan Skema BBM Subsidi Berbasis AI

“Tetapi yang penting saat ini pemerintah telah menyiapkan suatu bantalan sosial agar di tengah tekanan inflasi itu dampak terhadap kemiskinan, pengangguran, itu bisa ditekan dengan berbagai stimulus yang dilakukan,” paparnya.

Lebih jauh, Hasto mengaku PDIP memahami rencana Jokowi ini merupakan imbas dari beban yang ditanggung pemerintah akibat subsidi BBM.

“Bukan kesalahan pemerintah, akibat persoalan-persoalan global yang uncontrol, siapa menyangka terjadi perang Rusia-Ukraina? Tetapi dalam sisi yang lain berbagai komoditas kita itu kan juga membawa implikasi kepada surplus perdagangan kita,” tegasnya.

Baca Juga : Pertamina Bantah Distribusi Pertalite Dihentikan 1 September

Pemerintah dikabarkan menaikkan harga pertalite dan solar mulai 1 September 2022. Menteri ESDM Arifin Tasrif memberi sinyal bahwa pemerintah akan mengumumkan kenaikan harga BBM jenis pertalite dan solar bersubsidi pada 31 Agustus 2022.

“Ya tunggu saja besok (pengumuman kenaikan harga BBM subsidi),” ungkap Arifin, dikutip dari Antara, Selasa (30/8/2022).

Penulis : Azwar
Komentar