Minggu, 31 Maret 2024 13:14

Paus Fransiskus Dijadwalkan ke Indonesia pada 3 April, Ini Agendanya

Paus Fransiskus (Foto: Evandro Inetti/Zuma Press Wire/Rex/Shutterstock)
Paus Fransiskus (Foto: Evandro Inetti/Zuma Press Wire/Rex/Shutterstock)

ABATANEWS, JAKARTA — Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan Paus Fransiskus akan berkunjung ke Indonesia pada 3 September 2024. Menurut dia, pemerintah sudah mendapatkan surat pemberitahuan dari otoritas Vatikan terkait rencana kedatangan Paus Fransiskus.

“Berdasarkan surat dari Vatikan yang diterima pemerintah Indonesia, Paus Fransiskus akan hadir pada 3 September 2024. Ini tentu menjadi suatu kehormatan bagi bangsa Indonesia,” kata Yaqut dikutip dari siaran persnya, Minggu (31/3/2024).

Dia menuturkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah mengundang pemimpin tertinggi umat Katolik itu ke Indonesia sejak Juni 2022. Yaqut menyebut kehadiran Paus Fransiskus akan menjadi kado istimewa bagi umat Katolik di Indonesia.

Baca Juga : Jokowi Tegaskan Keppres Pemindahan Ibu Kota Tunggu Situasi Lapangan, Bisa Diteken Prabowo

“Pada Juni 2022, saya mengantar surat undangan dari Presiden Jokowi kepada Paus Fransiskus,” ungkapnya.

“Alhamdulillah, setelah hampir dua tahun menunggu, Paus Fransiskus akhirnya dapat hadir di Indonesia. Ini saya kira menjadi kado istimewa juga bagi umat Katolik khususnya,” sambung Yaqut.

Dia berharap Paus Fransiskus bisa menyaksikan secara langsung keragaman dan persaudaraan antarumat beragama yang tumbuh di tengah masyarakat Indonesia.

Baca Juga : Pesan Jokowi Usai Keir Starmer Terpilih Sebagai PM Inggris

“Indonesia mampu menjaga toleransi dan perdamaian antarpemeluk agama, termasuk ratusan umat agama lokal. Kita berharap Paus Fransiskus dapat melihat keberagaman ini di Indonesia,” tutur Yaqut.

Penulis : Azwar
Komentar