Kamis, 28 Maret 2024 11:07

Pasien BPJS RSUD Tolitoli Ngeluh Langsung ke Presiden Jokowi, Apa Efeknya?

Pasien BPJS RSUD Tolitoli Ngeluh Langsung ke Presiden Jokowi, Apa Efeknya?

ABATANEWS, TOLITOLI — Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mokopido Tolitoli, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, pada Rabu (27/03/2024), untuk meninjau fasilitas dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Sesaat setelah tiba, Presiden Jokowi langsung meninjau fasilitas pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan fasilitas kesehatan yang ada.

Sejumlah masyarakat pengguna fasilitas dari RSUD Mokopido Tolitoli mengapresiasi pelayanan yang diterima selama ini. Meski demikian, mereka juga memberikan masukan yang konstruktif untuk peningkatan kualitas dan ketersediaan fasilitas kesehatan di rumah sakit.

Salah satunya, Sukma, pasien BPJS di RSUD yang memberikan penilaian positif terhadap pelayanan kesehatan yang selama ini diterima. Namun, Sukma berharap RSUD dapat meningkatkan fasilitas kesehatan yang ada.

Baca Juga : Tak Ada Lagi Silaturrahmi Antara Jokowi dan Megawati Usai Lebaran, Istana Bilang Begini

“Kalau sama di rumah sakit ini barangkali fasilitasnya bisa ditambah seperti misalnya periksa darah tidak rujuk lagi ke Palu cuci darahnya,” kata Sukma.

Senada, pasien BPJS lainnya, Yunike juga menyampaikan harapannya agar fasilitas kesehatan di RSUD Mokopido Tolitoli dapat bertambah sehingga pelayanan kepada pasien makin optimal. Peningkatan fasilitas kesehatan tersebut juga diharapkan mampu meminimalisasi rujukan ke kota/kabupaten lain apabila ada kasus gawat darurat.

“Jadi kalau ada pasien yang gawat atau apa itu harus dirujuk, rujuknya ke ibu kota kabupaten yang jarak tempuh kurang lebih 12 jam. Itupun kalau kami lewat darat 12 jam jalanannya luar biasa,” ucap Yunike.

Baca Juga : Wiranto Ngaku Senang Dapat ‘THR’ dari Presiden Jokowi

Lebih lanjut, Yunike juga berharap tenaga medis seperti dokter ahli di rumah sakit dapat diperbanyak jumlahnya.

“Dokter-dokter ahli mungkin makin bertambah lagi untuk rumah sakit di sini karena ini baru tipe C rumah sakitnya,” lanjutnya.

Penulis : Azwar
Komentar