Selasa, 22 Agustus 2023 10:12

Nasib Timnas Indonesia di Piala AFF U-23 Ditentukan Malam Ini

Dokumentasi skuad Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023.
Dokumentasi skuad Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023.

ABATANEWS.COM – Peluang Timnas Indonesia U-23 masih terbuka lebar untuk lolos semifinal Piala AFF Cup U-23 2023. Hal itu, setelah Timnas Thailand U-23 sukses memenangkan laga terakhir melawan Timnas Kamboja U-23.

Pertandingan ketiga Grup A itu, dimenangkan tuan rumah Thailand dengan skor 2-0 pada Senin malam (21/8/2023). Dengan begitu, Thailand lolos semifinal dengan status juara grup dan Kamboja tersingkir sebagai runner-up terbaik.

Pasalnya, meski Kamboja mengemas 4 poin dari tiga laga dan berada di posisi kedua Grup A. Regulasi Piala AFF hanya menghitung poin di laga terakhir antara Kamboja dan Thailand dalam perebutan runner-up terbaik.

Baca Juga : Mainkan Pemain Inti Lawan UAE, STY Ungkap Timnas Masih Ada Kekurangan

Karena di grup A, diisi empat negara masing-masing Thailand, Kamboja, Myanmar, dan Brunai Darussalam. Sementara di grup B dan C masing-masing hanya diisi tiga negara.

Namun, tetap saja Indonesia masih belum aman dengan kondisi di atas (Thailand menang lawan Kamboja). Bahkan, nasib Garuda Muda akan ditentukan malam ini lewat hasil laga terakhir grup C antara Filipina versus Vietnam pukul 21.00 Wita.

Pertandingan kedua negara akan berlangsung pada hari ini, Selasa (22/8/2023). Vietnam wajib menang di laga ini jika Indonesia mau lolos ke babak semifinal.

Baca Juga : 3 Pemain Abroad Gabung TC Timnas di Dubai, Justin Hubner dan Nathan Masih Abu-abu

Namun jika Vietnam kalah, Filipina dipastikan lolos sebagai juara grup karena telah mengoleksi 4 poin dari dua laga (termasuk lawan Vietnam) di grup C. Skenario 4 poin ini, termasuk saat Filipina bermain imbang atas Timnas Laos pada partai pembuka grup C.

Artinya, Vietnam akan masuk sebagai calon kuat runner-up terbaik dan kemungkinan lolos. Itu, setelah mereka mampu mengumpulkan selisih 3 gol dari skor yang tercipta 4-1 melawan Timnas Laos.

Selain laga Vietnam vs Filipina, nasib Indonesia juga ditentukan lewat laga Malaysia vs Timor Leste. Andai Malaysia menang, Indonesia akan lolos ke semifinal dengan catatan Vietnam turut menang lawan Filipina.

Baca Juga : Pesan Erick Thohir Usai Indonesia Masuk Grup Neraka di Piala Asia U-23

Namun, jika Timor Leste menang, bisa saja mereka akan mengambil alih puncak klasemen grup B karena menang head to head dari Malaysia dan Indonesia. Kemungkinan hal itu terjadi, meski sebelumnya Timor Leste sempat kalah dari Indonesia.

Jika skenario itu terjadi, otomatis Timor Leste lolos semifinal dengan status juara grup B. Sementara Malaysia nasibnya akan sama dengan Indonesia yang nyaris tak lolos semifinal.

Apalagi, jika Filipina benar-benar menang melawan Vietnam di grup C, mereka akan lolos ke semifinal dengan status juara grup. Intinya, dua laga nanti malam (Vietnam vs Filipina dan Malaysia vs Timor Leste) wajib dimenangkan Vietnam dan Malaysia.

Baca Juga : Indonesia Lolos Piala Asia U-23 Untuk Pertama Kalinya

Andai hal itu, terjadi, Indonesia akan dipastikan lolos sebagai runner-up terbaik karena unggul segalanya dari Filipina dan Timor Leste. Mulai head to head hingga poin yang dikumpulkan.

Berikut klasemen sementara Grup Piala AFF U-23 2023:

Grup A

Baca Juga : Timnas Indonesia U-23 vs Turkmenistan: Shin Tae-yong Tak Mau Imbang

– Thailand 9 poin – 3 Match (juara grup)

– Kamboja 4 poin – 3 Match

– Myanmar 4 poin – 3 Match

Baca Juga : Vietnam jadi Negara Pertama Lolos Piala Asia U-23, Indonesia Menyusul

– Brunai Darussalam 0 poin – 3 Match

Grup B

– Malaysia 3 poin – 1 Match

Baca Juga : Momen Shin Tae-yong Selfie Bersama Pemain Timnas U-23, Yakin Lolos Piala Asia?

– Indonesia 3 poin – 2 Match

– Timor Leste 0 poin 1 Match

Grup C

Baca Juga : Selebrasi ‘Tutup Mulut’ Hokky saat Bantai China Taipei Tuai Kritik dari Warganet

– Vietnam 3 poin – 1 Match

– Filipina 1 poin – 1 Match

– Laos 1 poin – 1 Match

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar