Kamis, 10 Oktober 2024 19:04

Pilkada Luwu Utara

Muhammad Fauzi: Peran Perempuan dan UMKM Jadi Kunci Kebangkitan Ekonomi Luwu Utara

Calon Bupati Luwu Utara nomor urut 4, Muhammad Fauzi, saat bersilaturahmi dengan Komunitas Perempuan MAJU Manglangke Barat, Kamis (10/10/2024).
Calon Bupati Luwu Utara nomor urut 4, Muhammad Fauzi, saat bersilaturahmi dengan Komunitas Perempuan MAJU Manglangke Barat, Kamis (10/10/2024).

EWS, LUWU UTARA — Peran perempuan dalam memajukan suatu daerah sangatlah strategis. Bahkan, perempuan dapat menjadi aktor utama dalam pembangunan, setidaknya di wilayah masing-masing.

Hal ini disampaikan oleh Calon Bupati Luwu Utara nomor urut 4, Muhammad Fauzi, saat bersilaturahmi dengan Komunitas Perempuan MAJU Manglangke Barat, Kamis (10/10/2024).

Fauzi menyoroti pentingnya peran perempuan dalam meningkatkan perekonomian, terutama di masa-masa sulit. Menurutnya, sektor industri rumahan kerap menjadi penopang kebangkitan ekonomi.

Baca Juga : Mantan Bupati Sebut Luwu Utara Butuh Sosok yang Punya Jaringan Kuat di Level Nasional

“Pasca pandemi Covid-19, misalnya, perekonomian di semua daerah mengalami kemerosotan, termasuk di Luwu Utara. Yang berperan penting dalam pemulihan ekonomi ini adalah industri rumahan dan UMKM,” ungkap Fauzi.

Ia menambahkan bahwa pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan ekonomi menjadi fokus utama dari program maju, karena untuk memajukan industri rumahan dan UMKM, masyarakat memerlukan pendampingan.

“Untuk memajukan industri rumahan atau UMKM, harus dimulai dari penguatan SDM, didukung dengan sarana dan prasarananya. Apa yang akan diproduksi, bagaimana cara memasarkan produk—semua itu membutuhkan pendampingan. Sektor ini akan menjadi salah satu prioritas utama kami di pasangan maju jika diberi amanah,” jelas pria yang akrab disapa Abang Fauzi itu.

Baca Juga : Dukung Keberlanjutan Program, Alasan Warga Sabbang Selatan Dukung Fauzi-Ajie

“Memajukan ekonomi memerlukan SDM yang berkualitas, sehingga kedua hal ini masuk dalam program prioritas pasangan maju,” tutup Fauzi.

Sosialisasi yang dilakukan oleh Muhammad Fauzi di Desa Pao, Kecamatan Malangke Barat, dihadiri oleh perwakilan Komunitas Perempuan MAJU dari seluruh desa di Malangke Barat. Kegiatan ini diawali dengan pengajian dan doa bersama.

Penulis : Azwar
Komentar