Selasa, 16 Agustus 2022 12:17

MPR RI Rintis Pembentukan Majelis Permusyawaratan Rakyat Dunia

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat Sidang Tahunan 2022 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-77 RI di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara, Selasa (16/8/2022)
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat Sidang Tahunan 2022 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-77 RI di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara, Selasa (16/8/2022)

ABATANEWS – Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, menggelar Sidang Tahunan 2022. Sidang ini, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-77 RI di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara.

Dalam sidang tersebut, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo mengatakan pihaknya tengah merintis pembentukan Forum Majelis Permusyawaratan Rakyat Dunia. Gagasan pembentukan Forum ini, dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan menghadirkan penguatan diplomasi parlemen.

“Dan dalam rangka menghadirkan tatanan dunia yang semakin harmonis dan berkeadaban,” imbuh Bambang Soesatyo dalam pidatonya di Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR/DPD RI Tahun 2022 di Gedung Parlemen, Jakarta, dilansir di kanal YouTube MPR, Selasa, (16/8/2022).

Baca Juga : Amir Uskara Resmi Dilantik Jadi Wakil Ketua MPR RI Sisa Periode 2019-2024

Ia menjelaskan, penyelesaian berbagai masalah dunia menuntut adanya partisipasi semua pihak. Sehingga dengan melibatkan kerjasama lintas negara, lintas sektor, dan lintas lembaga pemerintahan patut dilaksanakan.

“Setiap elemen mesti mengambil peran atas dasar solidaritas kemanusiaan yang menjunjung tinggi persatuan, persaudaraan, perasaan senasib sepenanggungan. Serta menjunjung tinggi keadilan, penegakan hukum, dan hak asasi manusia,” jelasnya.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar