Sabtu, 08 Juni 2024 10:06

Kualifikasi Piala Dunia 2026

Minta Indonesia Waspadai Filipina, Erick Thohir: Mereka Tidak Seperti Dulu

Dokumentasi Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. (foto: PSSI)
Dokumentasi Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. (foto: PSSI)

ABATANEWS, JAKARTA – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengingatkan Timnas Indonesia untuk mewaspadai Filipina. Yakni, saat Indonesia menjamu Filipina di matchday terakhir Grup F, kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, 11 Juni mendatang.

Menurut Erick, Indonesia patut waspada terhadap Filipina lantaran skuad yang kini dimiliki sangat berbeda dibandingkan dengan sebelumnya. Di mana Filipina kedatangan sejumlah pemain naturalisasi untuk memperkuat Timnas sejak April hingga Mei 2024.

“Peluang lolos ke putaran ketiga memang masih ada. Lawan terakhir Filipina nanti tanggal 11 Juni. Mereka tidak seperti dulu,” imbuh Erick Thohir.

Baca Juga : PSSI Rilis Daftar Pemain Yang Bakal Ikuti Turnamen Asean Boys Championship U-16

Dalam rentan dua bulan saja, Filipina setidaknya menaturalisasi delapan pemain untuk Timnas. Masing-masing adalah Raphael Obermair, Anthony Markanich, Josef Brian Baccay, Zico Bailey, Dylan Demuynck, Johannes Selven, Bjorn Martin Kristensen dan Adrian Ugelvik.

Pada laga kelima Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Timnas Vietnam di Honai, mereka bahkan tampil agresif dengan pemain naturalisasi yang didatangkan. Walau demikian, Filipina harus takluk 3-2 dari tuan rumah Vietnam.

Erick Thohir juga menyoroti kekuatan Filipina sebelum deretan pemain naturalisasinya datang. Di mana Indonesia, hanya mampu bermain imbang 1-1 saat laga kedua Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Indonesia Masuk Grup ‘Enteng’ di Kualifikasi Piala Asia U-20, Indra Sjafri: Kita Hadapi Serius

“Potensi mereka untuk memberi ancaman sangat besar. Sebab kita hanya imbang 1-1 saat bermain tandang. Saya yakin, Filipina yang sekarang berbeda dengan yang dahulu,” imbuh Erick.

Erick pun menekankan Indonesia wajib evaluasi jika ingin lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026. Itu dikarenakan di laga sebelumnya lawan Irak takluk 0-2 dikarenakan banyak kesalahan yang dilakukan.

“Jangan melihat Filipina sebagai tim yang rendah. Jadi kembali harus evaluasi agar kita lolos ke babak berikut dengan meraih kemenangan,” tegas Erick.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar