Kamis, 25 Juli 2024 10:04

Piala Presiden 2024

Meski Peluang Kecil Lolos Semifinal, Tavares Yakin Bisa Kalahkan Borneo

Dok. Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares.
Dok. Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares.

ABATANEWS, BANDUNG – Peluang PSM Makassar lolos semifinal Piala Presiden 2024 sangat kecil. Pasalnya, mereka terdampar di dasar klasemen Grup A dengan baru mengoleksi satu poin dari dua laga.

Sementara Persis Solo menempati posisi ketiga dengan satu poin, Persib Bandung di urutan kedua dengan tiga poin yang juga dari dua laga. Adapun penuncak klasemen sementara dipegang Borneo FC dengan koleksi enam poin dari dua laga.

Di Grup A, masih menyisakan satu laga untuk menentukan siapa yang berhak melaju ke semifinal. Borneo sendiri sudah mendapatkan tiket ke babak tersebut sehingga tinggal menyisakan satu tiket.

Baca Juga : PSM Makassar Punya Peluang Besar Perlebar Jarak dengan Pesaing di Papan Klasemen

Perebutan satu tiket semifinal di Grup A akan ditentukan di laga ketiga ini. Yang mana PSM Makassar bakal berhadapan dengan Borneo FC dan Persib Bandung melawan Persis Solo, pada hari ini, Kanis (25/7/2024).

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares mengatakan sejauh ini Borneo FC belum mengalami kebobolan dari dua laga Piala Presiden 2024. Bahkan di laga terakhir melawan Persib Bandung, tim berjulukan Pesut Etam itu juga berhasil menang dengan clean sheet.

“Jadi kita harus bisa untuk tidak kebobolan dan memang peluangnya kecil. Kalau kita mau berharap peluang itu terwujudkan, kita harus pertama memenangkan pertandingan dan berharap akan hasil di laga lain Persis menang melawan Bandung,” kata Bernardo Tavares di Graha Persib, Bandung, Rabu (24/7/2024).

Baca Juga : Venue Pekan Kelima Arema FC versus PSM Berubah, Dilaksanakan di Stadion Batakan

Skenario untuk PSM lolos ke semifinal yang paling umum adalah Pereib dan Persis hanya bermain imbang. Sementara PSM harus menang dengan skor besar minimal 3-0.

Jika skenario ini berjalan, PSM akan lolos dan menempati posisi kedua dengan 4 poin. Sebab di ajang ini tidak dihitung head to head kandang dan tandang melainkan produktivitas gol.

Sementara saat ini, PSM minus 2 gol imbas kalah dari Persib di laga pembuka. Sementara Persib selisih 0 gol usai kalah dari Borneo di laga kedua.

Baca Juga : Kualifikasi Piala Dunia, Tak Ada Pemain PSM Makassar Dipanggil Timnas Indonesia

Adapun Persis Solo juga minus 2 gol setelah kalah 2-0 di laga pembuka melawan Borneo dan imbang 2-2 lawan PSM. Meski begitu, Tavares tetap menganggap PSM akan sulit melaju ke semifinal.

Apalagi, Borneo FC merupakan tim terbaik sejauh ini. Tak hanya belum kebobolan, Borneo juga memiliki penyerangan yang bagus dengan jumlah tiga gol dari dua laga yang telah dijalani di Piala Presiden 2024.

“Saya kira tim Borneo ini tidak mengubah banyak dari skuad mereka sebelumnya dan mereka juga membawa pemain berkualitas terutama pemain asing mereka dan pemain lokal mereka bagus. Dan juga ada pemain lokal dengan status naturalisasi yang mereka miliki dari Belanda” imbuhnya.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar