Senin, 04 September 2023 08:10

Menparegraf Pilih Pulau Belitung Destinasi Wisata Delegasi KTT ASEAN

Dokumentasi Menparegraf Sandiaga Uno. (foto: Kemenparegraf)
Dokumentasi Menparegraf Sandiaga Uno. (foto: Kemenparegraf)

ABATANEWS.COM – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno merekomendasikan Belitung sebagai destinasi post event trip bagi delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN.

“Itu kebetulan delegasi ASEAN sudah sebagian besar datang, dan beberapa tadi yang saya temui, sebagian dari mereka bertanya mau kemana. Saya bilang mau ke Belitung, salah satu yang saya rekomendasikan untuk post event trip adalah Belitung,” kata Menparekraf Sandiaga dalam siaran pers nya dikutip Minggu (4/9/2023).

Belitung dikenal sebagai destinasi wisata geopark, yang sukses mengantongi gelar sebagai Global Geopark. Itu, karena memiliki keberagaman geologis, seperti lanskap alam, bebatuan, mineral, proses geologis dan tektonik.

Baca Juga : Sandiaga Uno Luncurkan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024

Serta evolusi bumi yang telah terjadi di Belitung. Daya tarik lainnya, Belitung memiliki perpaduan budaya, biologis, dan geografis yang saling berkaitan.

Tidak hanya itu, beragam fauna dan flora unik hidup di Pulau Belitung, di antaranya ikan toman, ikan hampala, tarsius. Hingga tumbuhan herbal yang masih dilestarikan oleh penduduk lokal.

Menparekraf berharap pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN yang akan berlangsung di Jakarta pada 5-7 September 2023, dapat berjalan sukses sehingga turut mendorong pergerakkan ekonomi.

Baca Juga : Duit Sandiaga Uno Anjlok 3 Triliun di 2023: Pejabat Itu Mengabdi, Bukan Kumpul Harta

“Semua kementerian akan terlibat dalam KTT ke-43 ASEAN ini. Ada 24 kepala negara yang akan hadir. Mohon doanya, karena kita ingin kelanjutan dari suksesnya kita menyelenggarakan KTT G20. Kita harapkan ada peningkatan dari perekonomian termasuk keterisian tingkat hunian kamar yang sudah mencapai angka di atas 60 persen,” jelas Sandiaga.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar