Senin, 27 September 2021 18:14

Menang 2-0, Barito Putera Patahkan Langkah PSM ke Puncak Klasemen

Foto: instagram/@liga1match
Foto: instagram/@liga1match

ABATANEWS, BEKASI — Hasil pertandingan PSM Makassar vs Barito Putera tak mampu membawa Pasukan Ramang ke puncak klasemen Liga 1. PSM Makassar harus mengakui keunggulan Barito Putera dengan skor 2-0 pada laga pekan kelima Liga 1 2021-2022 di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi, Senin (27/9/2021) sore.

Dua gol penentu kemenangan Barito Putera lahir dari tandukan Alexander Rakic di menit 48′ dan tendangan berkelas dari Rafinha (Ravael Gomes de Oliveira) setelah melewati Zulkifli Syukur di menit 60′.

Di babak pertama, PSM Makassar bermain imbang dengan Barito Putera. Barito lebih unggul ball position dengan penguasaan 51 persen. Meski demikian, PSM memiliki lebih banyak percobaan dan peluang untuk mencetak gol.

Baca Juga : PSM Ditahan Imbang Persija, Bernardo Tavares Sebut Wasit Tidak Adil

Memasuki babak kedua, kedua tim langsung jual beli serangan. Hingga keberuntungan berpihak ke Barito di awal paruh kedua.

Umpan silang dari sisi kiri gawang PSM pada menit 48′ melalui Bagas Kaffa tidak disia-siakan Alexander Rakic. Tandukan pemain asal Serbia ini tak mampu diantisipasi oleh Syaiful dan mengubah skor menjadi 1-0 untuk Barito Putera.

Peluang PSM Makassar didapat di menit 53′ melalui tendangan bebas Anco Jansen dari luar kotak penalti. Mampu melalui pagar hidup Barito, tendangan kerasnya nyaris menyamakan kedudukan.

Baca Juga : Beri Menit Bermain, Bernardo Tavares Persiapkan Pemain Muda Mulai dari Sekarang

Aksi apik ditunjukkan pemain Barito Putera lewat Rafinha di menit 60′. Pemain asal Brasil ini menambah koleksi gol untuk Barito Putera lewat sisi kiri lapangan.

Memanfaatkan kelengahan Zulkifli Syukur, Rafinha menembus benteng PSM Makassar dan melesatkan tendangan ke tiang jauh gawang Syaiful. Skor menjadi 2-0.

Tensi pertandingan sempat memanas di tengah babak kedua. Muhammad Arfan dan Rafinha harus dihadiahi masing-masing kartu kuning setelah sempat bersitegang.

Baca Juga : Tavares Akui Beri Instruksi ke Yuran Untuk Jadi Striker Dadakan Saat Lawan Shan United

Ketegangan juga terjadi di luar lapangan antara official PSM Makassar dan Barito Putera. Pelatih Fisik Barito Putera Victor Tinoco dan Pelatih PSM Milomir Seslija terpaksa ikut diganjar kartu kuning.

Ilhamunddin sempat membuka peluang PSM usai lolos dari pemian belakang Barito. Meski berhasil menggetarkan gawang Barito, Ilhamuddin sebelumnya telah berada di posisi offside.

Peluang terakhir PSM Makassar didapat di menit 81′ lewat tendangan bebas Anco Jansen. Namun, tendangan kaki kanan Jansen mampu dibaca dengan baik oleh penjaga gawang Barito Putera.

Baca Juga : Meski Raih 3 Poin, PSM Makassar Harus Susah Payah Kalahkan Shan United

Hingga empat menit tambahan waktu berakhir, skor 2-0 untuk Barito Putera tetap bertahan. Kemenangan untuk tim asal Banjarmasin.

Hasil pertandingan PSM Makassar vs Barito Putera ini membuat PSM tetap bertengger di posisi lima klasemen dengan delapan poin. Sementara, Barito Putera mampu naik ke posisi keenam dengan 7 poin di klasemen sementara Liga 1 2021-2022.

Komentar