Minggu, 16 Mei 2021 21:12

Menag Yaqut Nilai Toleransi di Indonesia Semakin Baik

Menag Yaqut Cholil
Menag Yaqut Cholil

ABATANEWS, JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi perayaan Idulfitri dan Kenaikan Yesus Kristus ke Surga di Indonesia yang berlangsung dengan tertib dan damai. Ini menurut Menag, mengindikasikan toleransi di Indonesia semakin membaik.

Dua hari besar keagamaan tersebut pada tahun ini jatuh di waktu yang sama, yakni Kamis, 13 Mei 2021.

“Seperti yang kita tahu kemarin ketika umat Islam merayakan Idulfitri, di saat yang sama saudara-saudara umat Kristiani merayakan kenaikan Yesus Kristus. Dan kita lihat tidak ada apa-apa, semua damai-damai, saling menghargai, bahkan saling membantu,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dalam wawancara TV swasta dikutip laman resmi Kemenag, Minggu (16/5/2021).

Baca Juga : 376 Jemaah Haji Indonesia Wafat, 31 Dari Embarkasi Makassar

Menag menuturkan, ia banyak memperoleh informasi tentang indahnya praktik toleransi dalam perayaan dua hari besar tersebut.

“Seperti yang terjadi di Solo, ada sebuah masjid yang berada dalam satu halaman dengan gereja. Umat Kristiani dengan sabar menanti hingga usai salat Idulfitri dilaksanakan, sebelum mereka melakukan kebaktian,” ungkap Menag.

“Kesimpulan saya toleransi di Indonesia sudah semakin baik. Tinggal kita tingkatkan bagaimana. Kita semua tau toleransi itu dinamis, kita bisa ngomong hari ini baik, besok belum tentu. kita harus pertahankan ini sama sama,” imbuhnya.

Baca Juga : Pesan Menag Yaqut di Momen Tahun Baru Islam 1446 Hijriah

Untuk mempertahankan toleransi, menurut Menag, ada dua hal yang perlu dilakukan. Pertama, masing-masing umat beragama, apapun agamanya pasti meyakini bahwa ajaran yang mereka anut adalah ajaran yang paling benar.

Kedua, seluruh umat harus kembali kepada jati diri bangsa ini. Menurutnya, keberadaan Indonesia ditopang oleh seluruh umat beragama.

Komentar