Senin, 21 Agustus 2023 09:11

Memang dari Timor Leste, Peluang Indonesia Lolos Semifinal Masih Ada

Dokumentasi skuad Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023.
Dokumentasi skuad Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023.

ABATANEWS.COMTimnas Indonesia U-23 berhasil mengalahkan Timnas Timor Leste U-23 1-0 pada laga kedua Grup B Piala AFF U-23. Gol semata wayang Ramadhan Sananta di menit 45 mengunci kemenangan Garuda Muda, Minggu (20/8/2023).

Dengan kemenangan ini, peluang Indonesia lolos ke babak semifinal masih ada. Namun, peluang itu akan ditentukan dari hasil negara lain di grup A dan C.

Diketahui, di Grup A masing-masing diisi 4 tim, grup B 3 tim dan grup C 3 tim. Sementara Calon runner up terbaik masing-masing diisi Indonesia, Kamboja, dan Filipina.

Baca Juga : Mainkan Pemain Inti Lawan UAE, STY Ungkap Timnas Masih Ada Kekurangan

Laga Kamboja (grup A) dan Filipina (grup C) bisa jadi akan menentukan nasib Indonesia. Pasalnya, kedua tim tersebut masih sama-sama memiliki satu laga sisa di babak grup. Kamboja, akan berhadapan dengan Thailand pada hari ini, Senin (21/8/2023).

Di grup A, diisi empat tim masing-masing Thailand di posisi pertama, dan Kamboja di posisi kedua. Kemudian Myanmar di posisi ketiga dan Brunai Darussalam di posisi keempat.

Jika Kamboja kalah dan tak mampu mencetak gol di laga melawan Thailand, kemungkinan besar mereka akan tersingkir sebagai kandidat runner-up terbaik meski telah mengantongi 4 poin dari dua laga sebelumnya. Hal itu disebabkan dalam perebutan runner-up terbaik hanya dihitung di laga terakhir.

Baca Juga : 3 Pemain Abroad Gabung TC Timnas di Dubai, Justin Hubner dan Nathan Masih Abu-abu

Ini, juga terjadi pada kualifikasi Piala Asia U-17 saat Indonesia tersingkir sebagai runner-up terbaik. Di mana dua laga sebelumnya, melawan Guam dan Palestina, Indonesia mampu menang dan menempati posisi puncak klasemen.

Namun di laga ketiga merekah kalah 1-5 dari Malaysia dan turun di posisi kedua klasemen. Setelah dihitung, Indonesia tersingkir karena selisih kemasukan gol dari Malaysia dan dua laga menang sebelumnya tidak dihitung.

Sementara di grup B, calon runner-up terbaik ditempati Filipina yang akan melawan Vietnam. Laga kedua negara baru akan berlangsung pada Selasa besok.

Baca Juga : Pesan Erick Thohir Usai Indonesia Masuk Grup Neraka di Piala Asia U-23

Jika kalah, Filipina juga dipastikan tersingkir sebagai runner-up terbaik. Namun jika menang, mereka akan menempati puncak klasemen grup C.

Pasalnya, di laga sebelumnya Filipina mampu bermain imbang dari Laos. Alhasil, poin Filipina akan menjadi 4 jika menang dari Vietnam.

Di sisi lain, Vietnam kemungkinan akan keluar sebagai runner-up terbaik karena sukses memenangkan laga pertama melawan Laos. Mereka juga mengoleksi selisih tiga gol usai menang dari Laos dengan skor 4-1.

Baca Juga : Indonesia Lolos Piala Asia U-23 Untuk Pertama Kalinya

Selisih gol dari Vietnam itu, juga mengalahkan Indonesia yang tak memiliki perolehan gol. Namun, semua kemungkinan di atas masih bisa berubah tergantung hasil pertandingan di grup lain.

Adapun di grup B, juga masih menyisakan satu laga antara Malaysia dan Timor Leste. Peluang Timor Leste juga masih terbuka lebar andai mampu mengalahkan Malaysia.

Sebab jika menang, mereka akan menempati posisi puncak klasemen menggantikan Malaysia. Namun andai kalah, atau imbang, mereka tetap berada di posisi tiga klasemen grup B.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar