Jumat, 02 Februari 2024 08:04

‘Megaproyek’ Golkar di Sulsel: 7 Kursi DPR RI, 15 Ketua DPRD di Kabupaten/Kota

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto usai mengikuti agenda konsolidasi kader dan caleg se-Sulsel, di Hotel Claro, Makassar, pada Kamis (1/2/2024).
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto usai mengikuti agenda konsolidasi kader dan caleg se-Sulsel, di Hotel Claro, Makassar, pada Kamis (1/2/2024).

ABATANEWS, MAKASSAR — Partai Golkar menaruh obsesi besar pada Pileg 2024, khususnya di Sulawesi Selatan.

Partai berlambang pohon beringin rindang itu mematok target selangit. Tak tanggung-tanggung, di bawah kendali Taufan Pawe, Golkar Sulsel ingin kembali menguasai Sulsel yang memang sejak dulu jadi lumbung suaranya.

Pada acara konsolidasi kader dan caleg Golkar se-Sulsel, di Hotel Claro, Makassar, pada Kamis (1/2/2024) malam, Ketua DPD I Golkar Sulsel, Taufan Pawe menyebut target-target yang telah dicangkan.

Baca Juga : Jokowi Bakal Masukkan Anggaran Makan Siang Prabowo-Gibran di APBN 2025

Untuk raihan kursi Partai Golkar di DPR RI, misalnya, Taufan Pawe mengklaim, akan ada 6 atau 7 kader Golkar akan duduk di Senayan.

Ketua DPD I Golkar Sulsel, Taufan Pawe saat memberi sambutan dalam acara konsolidasi kader dan caleg Golkar se-Sulsel, di Hotel Claro, Makassar, pada Kamis (1/2/2024).

“Memang target kita 7 sampai 8 (kader yang terpilih). Tapi insya Allah, capaiannya mungkin sekitar 6 atau 7 yang duduk di DPR RI,” ungkap Taufan Pawe.

Baca Juga : Deretan Caleg DPR RI dari Sulsel yang Sudah dan Potensi Raih 100 Ribu Suara

Seperti diketahui, saat ini Golkar hanya menempatkan 4 kadernya di Senayan lewat Pileg 2019 lalu. Yakni 1 kursi dari Dapil I, 2 kursi dari Dapil II, dan 1 kursi dari Dapil III.

Sementara itu, untuk perolehan kursi Golkar di DPRD Sulsel, memang Taufan Pawe tak menyebut angka pastinya. Tapi ia berjanji, akan memastikan kembali kader Golkar yang akan menggantikan Andi Ina Kartika sebagai Ketua DPRD Sulsel untuk periode mendatang.

“Itu adalah obsesi yang realistis,” jelasnya.

Baca Juga : Real Count 20 Februari: Abang Fauzi Hampir Pasti “Oppo”, Golkar-Gerindra Bersaing Dapat Dua Kursi

Sejak era reformasi, Partai Golkar memang selalu menjadi pemenang di tingkat DPRD Sulsel. Hanya saja, raihan kursinya yang terus melorot. Misalnya pada periode 2014-2019, Golkar mampu mendudukkan 18 wakil. Sedangkan, pada periode 2019-2024, hanya ada 13 kader Golkar.

Sedangkan untuk raihan Golkar pada tingkat DPRD kabupaten/kota di Sulsel, Taufan Pawe berkomitmen, akan merebut 15 kursi Ketua DPRD dari 24 kabupaten/kota di Sulsel.

“Demikian juga pada pemilihan legislatif pada tingkat kabupaten/kota, kami targetkan 15 Ketua DPRD dan selebihnya unsur pimpinan. Tidak ada lagi yang lowong. Karena sekarang ini ada yang lowong, baik itu jabatan ketua maupun unsur pimpinan,” ungkap mantan Wali Kota Parepare ini.

Baca Juga : Yakin Dudukkan Kalfin di DPRD Sulsel, Perindo Minta Masyarakat Tak Percaya Pesan Berantai

Untuk tingkat kabupaten/kota, saat ini ada 10 kader Golkar yang menduduki jabatan Ketua DPRD dan 10 daerah mengisi unsur pimpinan.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Golkar, Airlangga Hartarto telah memberi ultimatum untuk raihan kursi DPR RI dari 3 dapil di Sulsel.

Airlangga menginginkan tiap dapil minimal meraih 2 kursi.

Baca Juga : Golkar Kunci 11 Kursi Raihan DPRD Luwu Utara, Lampaui Target

“Karena Partai Golkar pemenang pemilu (2019 di Sulsel), sehingga harus dipertahankan kemenangan tersebut. Sulsel kita minta 7 kursi di DPR RI,” ujar Airlangga usai acara.

Penulis : Wahyuddin
Komentar