Sabtu, 01 Mei 2021 11:46

May Day, Plt Gubernur Sulsel Silaturahmi dengan Sembilan Serikat Pekerja

May Day, Plt Gubernur Sulsel Silaturahmi dengan Sembilan Serikat Pekerja

ABATANEWS, MAKASSAR – Memperingati Hari Buruh 1 Mei 2021 (May Day), Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman bersilaturahmi dengan sembilan Serikat Pekerja dan Direksi BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Wilayah Sulawesi Maluku.

Silaturahmi tersebut digelar di Rumah Jabatan Wakil Gubernur Sulsel, Jumat malam, 30 April 2021.

Sembilan Serikat Pekerja tersebut, yakni Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Serikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI), Konfederasi Serikat Nusantara (KSN), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Federasi Serikat Pekerja (FSP) Kahutindo, Gabungan Serikat Buruh Nasional (GSBN), Gabungan Serikat Buruh Mandiri Indonesia (GSBMI), dan Federasi Perjuangan Buruh Nasional Konfederasi Serikat Nasional (FPBN KSN).

Baca Juga : Zudan Arif Ajak Investor Datang Berinvestasi di Sulsel

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menjelaskan, khusus pertemuan dengan BPJS Ketenagakerjaan membahas rencana kerjasama dengan Pemprov Sulsel untuk jaminan kesehatan bagi tenaga non-Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Pertemuan tadi ada pembicaraan dengan BPJS Ketenagakerjaan. Sebenarnya justru mereka menyasar di Pemprov dan beberapa ketenagakerjaan untuk tenaga non ASN juga,” jelasnya.

Untuk saat ini, kata Plt Gubernur, jaminan tenaga kerja bagi ASN masih menggunakan Taspen. Tapi di tahun 2029 nanti, dilakukan penyeragaman dengan penggunaan Jaminan Tenaga Kerja menggunakan BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga : 64 UMKM Pamerkan Produk di Pelepasan Ekspor Sulsel

“BPJS Ketenagakerjaan ini bagus ya karena bisa mencakup juga JHT (Jaminan Hari Tua),” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Andi Sudirman, dengan Serikat Pekerja dan Serikat Buruh ada pembahasan terkait dengan peningkatan skill pekerja atau buruh melalui pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK), untuk peningkatan kualitas SDM dari para buruh dan pekerja.

“Kita juga bicara dengan teman-teman terkait bagaimana peningkatan skill sudah ada teman-teman Serikat Pekerja Serikat Buruh dan lainnya sudah pernah di BLK, termasuk untuk peningkatan skill, bahasa, teknologi IT, komputerisasi,” ucapnya.

Baca Juga : DLHK Sulsel Siapkan Tiga Unit Incinerator Kelolah Limbah B3

Dalam silaturahmi tersebut, Andi Sudirman menyampaikan, Pemerintah Provinsi bersama BP Jamsostek juga menyerahkan bantuan kepada Serikat Buruh dan Serikat Pekerja di masa pandemi ini. Meskipun, jumlah bantuan yang diserahkan terbatas karena kondisi saat masih dalam pandemi Covid-19.

Sementara, Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Maluku, Arief Budiarto, mengatakan, penyerahan bantuan paket sembako dilakukan untuk meringankan beban pekerja di masa pandemi Covid-19.

“Eksistensi Serikat Pekerja (SP) dan Serikat Buruh (SB) akan sangat mendukung penyampaian informasi dan edukasi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada pekerja. Paket sembako ini merupakan salah satu bentuk dukungan BP Jamsostek dalam meningkatkan engagement dan kerjasama dengan stakeholder pekerja melalui Serikat Pekerja dan Serikat Buruh,” katanya.

Komentar
Berita Terbaru