Selasa, 11 April 2023 18:10

Manfaat Timun Suri, Buah Primadona Saat Bulan Ramadan

Manfaat Timun Suri, Buah Primadona Saat Bulan Ramadan

ABATANEWS.COM – Pada bulan Ramadan, timun suri menjadi salah satu buah favorit yang paling banyak dicari untuk dijadikan takjil berbuka puasa. Buah ini sering digunakan untuk membuat sajian es buah yang menyegarkan.

Selain menyegarkan, timun suri ternyata juga kaya nutrisi. Nutrisi yang terkandung dalam timun suri meliputi asam linoleat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, potasium, magnesium, kalsium, kalium, fosfor dan kandungan lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini manfaat timun suri untuk kesehatan tubuh:

Baca Juga : Hasil Survei Saat Ramadan, Pengeluaran Terbesar Masyarakat Indonesia Dikeluarkan saat Bukber

1. Menghidrasi Tubuh
Kurangnya asupan cairan saat berpuasa bisa menyebabkan tubuh rawan dehidrasi. Timun suri memiliki kandungan air yang melimpah. Dengan mengonsumsi buah ini secara teratur bisa membantu menghidrasi tubuh, terutama setelah seharian menjalani puasa.

2. Membantu Sistem Pencernaan
Timun suri memiliki kandungan air dan serat yang melimpah sehingga baik untuk sistem pencernaan. Buah ini juga bisa mengatasi susah buang air besar. Mengonsumsi cukup serat akan membuat feses menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan dari tubuh.

3. Sumber Antioksidan
Timun suri mengandung sejumlah antioksidan yaitu vitamin C, flavonoid, beta karoten, triterpen, dan lignan sebagai zat anti-inflamasi. Vitamin C dalam timun suri bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Buah ini juga bisa meredakan sakit gigi dan radang gusi.

Baca Juga : Malam Lailatul Qadar: Keutamaan dan Makna Mendalam Bagi Umat Islam

4. Meredakan Asam Urat
Pada penderita asam urat disarankan untuk banyak minum air putih. Timun suri adalah salah satu sumber alternatif yang memiliki kandungan banyak air. Asam urat bisa larut dalam air sehingga mengonsumsi buah ini membantu melarutkan sisa metabolisme tersebut.

5. Kesehatan Mata
Timun suri memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan asam askorbat dan asam caffeic di dalamnya membantu mengatasi keluhan mata panda yang kerap muncul karena kelelahan.

6. Mencegah Anemia
Timun suri mengandung zat besi yang baik untuk mencegah penyakit anemia atau kekurangan darah. Kandungan zat besi dalam buah ini mampu memproduksi hemoglobin untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Baca Juga : Arab Saudi Mulai Bulan Ramadan pada 11 Maret 2024

7. Mencegah Kanker
Timun suri dipercaya mampu mencegah kanker karena memiliki kandungan senyawa antikanker. Dalam sebuah penelitian, ditemukan kandungan saponin dalam timun suri yang bisa digunakan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Itulah beberapa manfaat timun suri yang menjadi buah favorit selama bulan Ramadan. Siapa sangka buah ini memiliki banyak manfaat yang luar biasa.

Penulis : Nidi
Komentar