Rabu, 12 Juni 2024 17:13

Majelis Rakyat Papua Minta Pemekaran di Beberapa Wilayah Saat Bertemu Jokowi

Majelis Rakyat Papua Minta Pemekaran di Beberapa Wilayah Saat Bertemu Jokowi

ABATANEWS, JAKARTAMajelis Rakyat Papua (MRP) menemui Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (12/6/2024). Salah satu hal penting yang disampaikan ialah perihal pemekaran pada beberapa wilayah di Pulau Papua.

Ketua MRP Papua Tengah dan Koordinator MRP se-Papua, Agustinus Anggaibak usai bertemu dengan Presiden Jokowi mengungkap, pihaknya meminta agar pemerintah pusat untuk memekarkan Kabupaten Mimika Timur, Kabupaten Mimika Barat. Begitu juga membentuk Kotamadya Ibu Kota Papua di Timika dan juga Provinsi Mumbrai.

“Aspirasi ini kami sudah sampaikan kepada Bapak Presiden dan juga Bapak Mendagri dan Menko Polhukam kami sudah sampaikan,” kata Agustinus.

Baca Juga : Jokowi Akan Ikut Sidang Tahunan MPR 16 Agustus, Prabowo Upacara HUT ke-79 RI di IKN

Menurut Agustinus, pemekaran wilayah tersebut merupakan kebutuhan masyarakat Papua saat ini. Dan kata Agustinus, Presiden Jokowi kini tengah mempertimbangkan usulan tersebut.

“Adanya pemekaran ini beberapa provinsi ini sudah bagus untuk orang Papua, untuk peningkatan pembangunan, ekonomi dan lain-lain sudah bagus. Jadi itu tidak ada masalah. Yang sekarang kami minta itu malah justru kita minta bertambah lagi,” terang Agustinus.

Penulis : Wahyuddin
Komentar