Kamis, 09 Desember 2021 09:38

Libatkan Banyak Komunitas, Begini Keseruan Hakordia Camp 2021 di Gorontalo

Libatkan Banyak Komunitas, Begini Keseruan Hakordia Camp 2021 di Gorontalo

ABATANEWS, GORONTALO – Hari Antikorupsi se-Dunia (Hakordia) diepringati setiap tanggal 9 Desember. Aktivis dan organ pemerintah selalu merayakan dengan berbagai bentuk kegiatan. Mulai dari seminar, simposium nasional maupun internasional hingga aksi turun ke jalan.

Di Provinsi Gorontalo, setiap tahunnya Hari Antikorupsi se-Dunia rutin digelar Sekolah Anti Korupsi (SAKSI) Gorontalo. Komunitas yang kelahirannya diinisiasi oleh Transparency Internasional Indonesia. Suatu gerakan komunitas yang diisi oleh akademisi, aktivis dan mahasiswa se-Provinsi Gorontalo.

Ketua panitia Hakordia Camp 2021 Moh. Rizalfikra Ngadi, mengatakan, tahun ini berbagai kegiatan disiapkan dalam memperingati hari anti korupsi se-dunia.

Baca Juga : Jokowi Paparkan Deretan Pejabat Ditangkap Terkait Korupsi, Jumlahnya Tidak Sedikit

Hakordia Camp 2021 akan dilaksanakan pada tanggal 11-12 Desember 2021 di lokasi Ekowisata Hutan Pinus Motilango Desa Motilango Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Kegiatan yang gratis dan terbuka untuk umum dengan agenda Diskusi Alam dan Cultural Night.

“Kegiatan Hari Antikorupsi se-Dunia yang difasilitasi oleh Sekolah Anti Korupsi (SAKSI) mengambil tema A Universe Without Corruption. Artinya bahwa kita mendorong lahirnya semesta yang bebas dari korupsi,” katanya.

Sejumlah pihak yang akan terlibat antara lain DPD KNPI Provinsi Gorontalo, BEM FH Universitas Ichsan Gorontalo, SPAK Indonesia, Integrity Talk.ID, Merapi Adventure, KPAB Merapi Gorontalo, KPJ Gorontalo, Smart Go, Kongres Advokat Indonesia, LBH Wahana Keadilan, LBH Limboto, Educare Institute, dan media partner Suaracelebes.com, Abatanews.com, dan KarlotaPost”.

Baca Juga : Hindari Korupsi, Penjagub Hamka Ajak Pegawai Kunjungi Rutan

Ketua SAKSI Gorontalo Jupri, SH.MH menambahkan berharap kolaborasi lintas organisasi ini dapat berjalan lancar dan intens. Sebab, korupsi harus dimaknai musuh bersama. “Olehnya pelibatan banyak komunitas dan lintas sektor sangatlah dibutuhkan,” imbuhnya.

 

Komentar