Rabu, 25 Agustus 2021 15:01

Kunjungan Kamala Harris ke Asia Tenggara Panaskan Sengketa Laut China Selatan

Kunjungan Kamala Harris ke Asia Tenggara Panaskan Sengketa Laut China Selatan

ABATANEWS — Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris melakukan kunjungan ke sejumlah negara Asia Tenggara. Kunjungan ini memanaskan kembali sengketa Laut China Selatan.

Dilansir Reuters, Wakil Presiden AS Kamala Harris pada Rabu kembali menuduh China menggertak tetangganya di Asia Tenggara, kedua kalinya dalam dua hari dia menyerang Beijing selama kunjungan regional yang bertujuan melawan pengaruh China yang semakin besar.

Baca Juga : China Cabut Aturan Karantina Bagi Warga Negara Asing

Sebelumnya pada hari Rabu, media pemerintah China menuduh Harris berusaha untuk membuat perpecahan antara China dan negara-negara Asia Tenggara dengan komentar di Singapura bahwa Beijing menggunakan paksaan dan intimidasi untuk mendukung klaim Laut China Selatan yang melanggar hukum.

Berbicara di Hanoi pada hari Rabu, Harris mengatakan ada kebutuhan untuk meningkatkan tekanan pada Beijing atas klaim maritimnya.

“Kita perlu menemukan cara untuk menekan, meningkatkan tekanan … pada Beijing untuk mematuhi Konvensi PBB tentang Hukum Laut, dan untuk menantang, intimidasi dan klaim maritim yang berlebihan,” kata Harris selama pertemuan dengan Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc.

Baca Juga : Taiwan Siap Perang dengan China

Cina, Vietnam, Brunei, Malaysia, Filipina, dan Taiwan, mengklaim sebagian Laut Cina Selatan, yang dilintasi oleh jalur pelayaran vital dan berisi ladang gas dan daerah penangkapan ikan yang kaya.

China telah mendirikan pos-pos militer di pulau-pulau buatan di Laut China Selatan dan menolak kapal perang asing yang berlayar melalui apa yang diklaimnya sebagai perairan kedaulatannya.

Angkatan Laut AS secara teratur melakukan operasi “kebebasan navigasi” melalui perairan yang disengketakan, yang ditentang China, dengan mengatakan mereka tidak membantu mempromosikan perdamaian atau stabilitas.

Baca Juga : Pemerintah Belum Setuju Biayai Pembengkakan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Pada 2016, Pengadilan Arbitrase Permanen yang berbasis di Den Haag memutuskan menentang klaim China, tetapi Beijing telah menolak putusan tersebut.

“Sambil menuding China dan menuduhnya melakukan ‘pemaksaan’ dan ‘intimidasi’, Harris dengan sengaja mengabaikan kemunafikannya sendiri dalam upaya untuk memaksa dan mengintimidasi negara-negara regional untuk bergabung dengan Washington dalam skemanya untuk menahan China,” kata harian China Daily. dalam editorial menanggapi komentar Harris di Singapura.

Pidato Harris di Singapura adalah serangan tak berdasar terhadap China, kata editorial itu. “Tampaknya satu-satunya komitmen Amerika Serikat untuk Asia Tenggara adalah upaya berdedikasinya untuk mendorong perpecahan antara negara-negara Asia Tenggara dan China,” tambahnya.

Baca Juga : Dipanggil “Yang Mulia”, Ini 7 Kesepakatan Jokowi-Xi Jinping di China

Pemerintah AS menyebut persaingan dengan China sebagai “ujian geopolitik terbesar” abad ini dan Asia Tenggara telah menyaksikan serangkaian kunjungan tingkat tinggi oleh pejabat tinggi pemerintahan, termasuk Menteri Pertahanan Lloyd Austin, yang mengunjungi Hanoi pada akhir Juli.

Kedatangan Harris di Hanoi tertunda pada hari Selasa setelah Kedutaan Besar AS di Vietnam mengatakan telah mendeteksi “insiden kesehatan yang tidak wajar”, yang berpotensi terkait dengan Sindrom Havana yang misterius.

Selama penundaan, Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh dan duta besar China untuk Vietnam mengadakan pertemuan yang sebelumnya tidak diumumkan, di mana Chinh mengatakan Vietnam tidak memihak dalam kebijakan luar negeri. Duta Besar China menjanjikan sumbangan 2 juta vaksin COVID-19 selama pertemuan tersebut.

Baca Juga : Jokowi ke China Siang Ini, Ketemu Xi Jinping Besok di Beijing

China adalah mitra dagang terbesar Vietnam dan sangat bergantung pada bahan dan peralatan dari China untuk kegiatan manufakturnya.

Partai Komunis mereka yang berkuasa mempertahankan hubungan dekat, tetapi Vietnam dan China telah terlibat dalam perselisihan lama mengenai klaim maritim di Laut China Selatan, yang dikenal sebagai Laut Timur di Vietnam.

Ketegangan telah mendorong Vietnam menjadi salah satu penentang paling vokal dari klaim Beijing di jalur air yang disengketakan dan Hanoi telah menerima perangkat keras militer AS.

Baca Juga : Kisah Lamu yang Dibakar oleh Mantan Suami Saat Live Streaming

Hubungan antara Hanoi dan Washington telah tumbuh lebih dekat lebih dari empat dekade setelah Perang Vietnam berakhir pada tahun 1975, meskipun Washington mengatakan ada batasan untuk hubungan sampai Hanoi membuat kemajuan dalam hak asasi manusia.

Analis mengatakan Vietnam ingin meningkatkan hubungan diplomatiknya dengan Amerika Serikat menjadi “kemitraan strategis” tetapi khawatir langkah seperti itu akan membuat marah Beijing.

Komentar