Kamis, 07 September 2023 20:23

KTT ke-43 ASEAN Ditutup dengan 93 Kesepakatan

KTT ke-43 ASEAN Ditutup dengan 93 Kesepakatan

ABATANEWS, JAKARTA — Konferensi Tingkat Tinggi ke-43 ASEAN berakhir juga. Presiden Jokowi yang menutup acara ini membeberkan hasil kesepakatan KTT ASEAN 2023. Di bidang ekonomi KTT ASEAN berhasil menyepakati empat hal.

Pertama deklarasi ASEAN menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dunia. Sejalan dengan slogan KTT ASEAN 2023, ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.

Kedua, seluruh anggota ASEAN sepakat untuk mengembangkan ekosistem baterai kendaraan listrik (electronic vehicle/EV). Ketiga, percepatan pelaksanaan pembayaran lintas negara (cross border payment) dan local currency transaction (LCT).

Baca Juga : Presiden Jokowi Tinjau Pompanisasi di Lampung Selatan, Dorong Produktivitas Pertanian

“Selanjutnya, untuk pelaksanaan ASEAN Indo Pacific Forum (AIPF) yang telah menghasilkan ini konkret,” kata Jokowi dalam konferensi pers di JCC Senayan, Kamis (7/9/2023).

“AIPF menghasilkan 93 project (investasi) senilai USD 38,2 miliar setara dengan Rp 502 triliun (kurs Rp 15.323). Ini adalah kerjasama konkret yang bermanfaat untuk rakyat,” imbuhnya.

AIPF bertujuan menghubungkan bisnis di sektor swasta dan publik di Kawasan Indo-Pasifik ASEAN untuk kerja sama yang lebih kuat. Forum ini akan menjadi platform bagi negara-negara anggota ASEAN dan mitra eksternal ASEAN. Mereka diharapkan terlibat dalam diskusi konstruktif yang menghasilkan proyek-proyek nyata yang pada akhirnya meningkatkan kolaborasi di kawasan Indo-Pasifik.

Baca Juga : Presiden Jokowi Makan Siang di RM Aroma Laut Bantaeng

Dalam AIPF 2023, terdapat tiga subtema, yaitu infrastruktur hijau dan rantai pasok yang tangguh, pembayaran berkelanjutan yang inovatif, serta transformasi digital inklusif dan ekonomi kreatif.

Forum menampilkan pembicaraan para pemimpin, obrolan api unggun, diskusi panel, pameran proyek, dan sesi business matching. Peserta forum adalah para eksekutif dan pemimpin sektor publik dan swasta dari negara anggota ASEAN dan negara mitra.

“AIPF akan menjadi momentum penting untuk menampilkan, memperkuat, dan memperluas kolaborasi sektor publik-swasta di kawasan ASEAN dan Indo-Pasifik, yang selanjutnya akan menjadikan ASEAN sebagai the epicentrum of growth,” kata Menteri BUMN sekaligus Koordinator Side Event Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023, Erick Thohir.

Penulis : Wahyuddin
Komentar