Senin, 13 November 2023 19:04

KPU Resmi Tetapkan Anies-Muhaimin, Ganjar-Mahfud, dan Prabowo-Gibran Jadi Kontestan Pilpres 2024

KPU Resmi Tetapkan Anies-Muhaimin, Ganjar-Mahfud, dan Prabowo-Gibran Jadi Kontestan Pilpres 2024

ABATANEWS, JAKARTAKPU RI telah menetapkan secara resmi 3 calon presiden dan calon wakil presiden pada Pilpres 2024 mendatang.

Ketiganya yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Keputusan itu diambil oleh KPU RI usai dilakukan rapat pleno terkait penetapan calon presiden dan wakil presiden, di Kantor KPU RI pada Senin (13/11/2023) siang.

Baca Juga : Pendaftaran Berakhir, Kotak Kosong di Pilkada Serentak 2024 Ada 41

“Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar telah dinyatakan menenuhi syarat dan dinyatakan sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pemilu 2024,” kata Komisioner KPU RI Idham Khalik dalam konferensi pers di Kantor KPU RI.

Seperti diketahui, pasangan Anies-Muhaimian merupakan pendaftar pertama pada 19 Oktober lalu. Pasangan berjargon AMIN ini diusung dan didukung oleh gabungan partai politik: NasDem, PKB, PKS, dan Ummat.

“Untuk pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD telah dinyatakan memenuhi syarat dan dinyatakan sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pemilu 2024,” ujar Idham.

Baca Juga : Jokowi Sambut Paus Fransiskus di Istana Negara, Prabowo Subianto Diperkenalkan Pertama

Sedangkan Ganjar-Mahfud merupakan pendaftar kedua di hari pertama pendaftaran capres-cawapres pada 19 Oktober lalu. Pasangan bertagline GAMA itu diusung dan didukung oleh koalisi partai: PDIP, PPP, Perindo, dan Hanura.

“Selanjutnya pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang diusulkan oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat dan Partai Garuda telah dinyatakan memenuhi syarat sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden untuk pemilu serentak 2024,” tambahnya.

Penulis : Wahyuddin
Komentar