Rabu, 21 Februari 2024 18:06

KPU Makassar Jamin Tak Ada Kecurangan dalam Proses Rekapitulasi Suara

KPU Makassar Jamin Tak Ada Kecurangan dalam Proses Rekapitulasi Suara

ABATANEWS, MAKASSARKPU Makassar menanggapi isu adanya kecurangan pada tahapan rekapitulasi suara pada Pemilu 2024.

Seperti diketahui, sejumlah pihak mengajukan komplain atas temuan mereka, terkait adanya perubahan suara pada C1 Plano dan salinan C1 Plano.

Komisioner KPU Makassar, Abdi Goncing memastikan, tak akan ada kecurangan dalam proses rekapitulasi suara. Ia pun menjamin, perubahan untuk perbaikan akan dilakukan.

Baca Juga : Poster Husniah Talenrang-Fauzan Beredar, PPP: Kami Memang “Seksi” di Pilkada Gowa

“Rekapitulasi ini pleno terbuka. Semua saksi bisa masuk, bisa melihat langsung rekapitulasinya seperti apa. Makanya kami sampaikan proses rekapitulasi ini yang mana mau dikoreksi yang banyak ditemukan salah tulis angkanya. Itu kemudian dikoreksi sama-sama,” ucap Abdi Goncing kepada wartawan, pada Rabu (21/2/2024).

Ia menjelaskan, tahap rekapitulasi yang dilakukan secara terbuka ini memang sebagai upaya untuk mengoreksi hal-hal yang dianggap keliru dalam proses perhitungan suara di tingkat TPS dan kelurahan.

“Jadi tidak ada suara yang hilang karena prosesnya sangat terbuka. Bahkan teman teman kecamatan (PPK) itu melaksanakan live streaming ini untuk melihat tidak ada proses pengalihan suara, ada curi suara itu tidak ada seperti itu. Semuanya bisa dikoreksi,” jelasnya.

Baca Juga : Sinyal Koalisi di Pilkada Bantaeng, Empat Parpol Mesra di Kediaman Nurdin Abdullah

Kita pastikan peserta pemilu tidak ada yang dirugikan. Kalau ada dirugikan itu bisa masuk ke ranah tindak pidana pemilu

Penulis : Azwar
Komentar