Senin, 17 Oktober 2022 18:11

KPU-Bawaslu Lakukan Verfak ke Hanura Sulsel, Amsal Yakin Lolos

Tim dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel telah melakukan verifikasi faktual (Verfak) ke Kantor DPD Partai Hanura Sulsel, Jalan AP Pettarani, pada Senin (17/10/2022). 
Tim dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel telah melakukan verifikasi faktual (Verfak) ke Kantor DPD Partai Hanura Sulsel, Jalan AP Pettarani, pada Senin (17/10/2022).

ABATANEWS, MAKASSAR – Tim dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel telah melakukan verifikasi faktual (Verfak) ke Kantor DPD Partai Hanura Sulsel, Jalan AP Pettarani, pada Senin (17/10/2022).

Dari KPU Sulsel dipimpin oleh Upi Hastati sementara dari Bawaslu Sulsel hadir Saiful Jihad. Tim Verfak disambut langsung oleh Amsal Sampetondok bersama Hendra Hartono selaku ketua dan sekretaris DPD Hanura Sulsel.

Komisioner KPU Sulsel Upi Hastati mengatakan bahwa ada sejumlah item yang menjadi bagian verifikasi faktual diantaranya, jumlah pengurus, keterwakilan perempuan, domisili kantor dan kelengkapan administrasi lainnya.

Baca Juga : Ketua Komisi II Pastikan PKPU Pilkada Serentak 2024 Merujuk Putusan MK

“Jadi hasil verifikasi ini harus disampaikan ke Sipol dan harus melakukan perbaikan,” kata Upi kepada wartawan.

Setelah verifikasi faktual ini dilakukan kata Upi, pihaknya akan menyerahkan hasil ke partai. Apakah semua sudah memenuhi syarat atau belum. Jika belum masih ada waktu dilakukan perbaikan.

“Hal-hal yang tidak memenuhi syarat pada fase ini, ada waktu proses dilakukan perbaikan,” jelasnya.

Baca Juga : Bawaslu Surati KPU untuk Patuhi Putusan MK Soal Persyaratan di Pilkada Serentak

Sementara itu, Ketua DPD Hanura Sulsel Amsal Sampetondok mengaku optimis partainya akan lolos pada tahapan Verfak.

“Tentu keyakinan kami bahwa Partai Hanura bisa lolos verifikasi faktual sangat rasional, verifikasi administrasi saja kita bisa lalui, tentu Verfak juga akan terpenuhi,” tutur purnawirawan TNI itu.

Lebih jauh, Amsal memaparkan bahwa semua yang dipersyaratkan dalam proses Verfak ini terpenuhi, meski ada beberapa pengurusnya yang dilakukan verifikasi secara virtual dan mengundurkan diri. Amsal mengaku, ada dua anggotanya yang mengundurkan diri.

Baca Juga : Ketua KPU Labuhanbatu Dicopot Usai Hamili Anggota PPK, Padahal Punya Istri dan 5 Anak

“Tentu pengurus yang mengundurkan diri itu kita sudah siapkan langkah yang tepat. Kita juga tidak bisa paksakan karena itu hak dia, tetapi secara keseluruhan Hanura Sulsel yakin lolos verifikasi faktual,” tutur Amsal.

Penulis : Sutrisno
Komentar