Senin, 13 Juni 2022 11:19

Klasemen Sementara Runner-up Kualifikasi Piala Asia, Indonesia Tempati Juri Kunci

Selebrasi pemain Timnas Indonesia saat gol kedua tercipta melawan Timnas Kuwait di laga Kualifikasi Piala Asia 2023 di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City, Kamis (9/6/2022). (foto: PSSI)
Selebrasi pemain Timnas Indonesia saat gol kedua tercipta melawan Timnas Kuwait di laga Kualifikasi Piala Asia 2023 di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City, Kamis (9/6/2022). (foto: PSSI)

ABATANEWSKualifikasi Piala Asia 2023 telah memasuki match kedua. Dari 6 grup, yakni A sampai F, masing-masing negara telah melakoni dua laga.

Timnas Indonesia sendiri, juga telah melakoni dua laga dengan hasil sekali menang dan sekali kalah. Hasil menang, diraih atas tuan rumah Timnas Kuwait 2-1 dan kalah dari Timnas Yordania, 0-1.

Garuda Indonesia, masih akan melakoni laga ketiga menghadapi Timnas Nepal, pada 15 Juni mendatang. Laga ini, merupakan partai pamungkas grup A dan menjadi penentu Indonesia bisa lolos Piala Asia 2023 atau harus kandas.

Baca Juga : Erick Thohir Tinjau SUGBK Jelang Laga Idonesia versus Australia

Pasalnya, dalam kualifikasi ini hanya 5 negara berstatus runner-up terbaik akan lolos Piala Asia 2023. Sementara saat ini, ada 6 negara yang masuk status runner-up grup termasuk Indonesia.

Skuad Garuda, saat ini berada di posisi 6 runner-up terbaik dan masih berpotensi lolos Piala Asia. Akan tetapi, ada dua skenario yang harus dilalui baik Indonesia dan hasil laga ketiga negara lain.

Skenario pertama, Indonesia wajib menang besar lawan Timnas Nepal di match ketiga. Kemudian, salah satu dari dua negara di atas Indonesia, yakni Filipina dan Malaysia menelan kekalahan di match ketiga dari Bangladesh.

Baca Juga : Segera Dinaturalisasi, Mees Hilgers: Timnas Belanda Hebat Tapi Indonesia Penting Bagiku

Di mana Filipina, akan menghadapi Timnas Palestina dan Timnas Malaysia menghadapi Timnas Bangladesh. Masing-masing laga tersebut bakal terlaksana pada 15 Juni mendatang.

Meski begitu, Timnas Indonesia harus tetap melihat grup lain karena jika keduanya kalah otomatis ada negara lain yang menggantikan posisi runner-up terbaik. Intinya, Indonesia wajib berada di posisi kelima klasemen runner-up jika ingin lolos Piala Asia 2023.

Berikut klasemen runner-up kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca Juga : Permintaan Shin Tae-yong Jelang Indonesia Hadapi Australia di Kualifikasi Piala Dunia

Thailand 6 Poin

– Kyrgistan 6 poin

– India 6 Poin

Baca Juga : Erick Thohir Pastikan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Segera Bela Timnas Indonesia

– Filipina 4 poin

– Malaysia 3 poin

– Indonesia 3 poin

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar