Sabtu, 16 Maret 2024 18:06

KH Syamsul Bahri Abd Hamid Lc MA Paparkan 3 Hal Yang Perlu Dilaksanakan Selama Ramadan

KH Syamsul Bahri Abd Hamid Lc MA Paparkan 3 Hal Yang Perlu Dilaksanakan Selama Ramadan 

ABATANEWS, MAKASSAR – Dr KH Syamsul Bahri Abd Hamid Lc MA memaparkan tiga hal renting yang harus dilakukan selama Bulan Suci Ramadan. Hal itu ia sampaikan pada program acara “Hikmah Bulan Ramadan” yang tayang di Channel YouTube MUI Sulsel pada Kamis 14 Maret 2024.

Ketiga hal tersebut, masing-masing menjadi lebih baik dari sebelumnya, menjaga diri untuk tidak menyakiti orang lain dan mempertebal keimanan kepada Allah SWT.

Untuk yang pertama menjadi lebih baik dari sebelumnya, ia menjelaskan bawah sifat ini bisa mengambil contoh dari Rasulullah Sallallahu Alai Wassalam (SAW).

Baca Juga : Perkuat Kerjasama dan Sinergi, Pj Gubernur Prof Zudan Temui Pengurus MUI Sulsel

Di mana Rasulullah adalah orang yang baik akhlaknya tetapi di bulan Ramadan menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Misalnya lebih dermawan lagi ketika memasuki bulan Ramadan sebagaimana hadia nabi yang diriwayatkan Imam Bukhari dari Ibnu Abbas yang menceritakan.

“Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadan saat beliau bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Al-Qur’an. Dan kedermawanan Rasulullah saw melebihi angin kencang yang bertiup,” imbuh Dr KH Syamsul Bahri Abd Hamid Lc MA dikutip Sabtu (16/3/2024).

Jadi dalam keseharian kaum Muslim terutama di bulan puasa ini harus tenggang rasa atau menghargai orang lain. Lebih banyak menebar kebaikan dan berperilaku baik dengan sesama.

Baca Juga : Viral Polisi Bagi-bagi Takjil Tapi Pengendara Takut Lewat, Dikira Ada Razia

Kedua, tidak menyakiti orang lain juga harus lebih dijaga selama Ramadan. Menurutnya, seorang mukmin tidak boleh menyakiti atau menyinggung perasaan orang lain apalagi di bulan puasa.

Sebagaimana hadis nabi “Dan shaum itu adalah benteng, maka apabila suatu hari seorang dari kalian sedang melaksanakan shaum, maka janganlah dia berkata rafats dan bertengkar sambil berteriak. Jika ada orang lain yang menghinanya atau mengajaknya berkelahi maka hendaklah dia mengatakan ‘Aku orang yang sedang shaum”.

“Jadi di bulan puasa ini kita tidak boleh menyakiti orang lain atau dengan menjaga perilaku kita terhadap orang lain,” katanya.

Baca Juga : Pastikan Karyawan Tetap Sehat Selama Ramadan, Huadi Group Lakukan Cek Kesehatan

Ketiga, mempertebal keimanan kepada Allah SWT dengan banyak melakukan amalan- amalan di bulan Ramadan. Misalnya sholat sunat,baca Al-Qur’an dan sedekah. Kemudian kita senantiasa bermuhasabah atau introspeksi diri.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar