Selasa, 13 April 2021 04:48

Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Ramadhan

Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Ramadhan

RAMADHAN tahun 2021 jatuh pada tanggal 13 April. Seluruh umat muslim dunia akan mulai menjalankan puasa dan berbagai ibadah sunnah lainnya.

Terdapat tiga fase utama selama bulan Ramadhan, yakni 10 hari pertama Ramadhan, 10 hari kedua dan 10 hari terakhir Ramadhan. Pada fase awal, biasanya menjadi yang terberat. Sebab, orang yang puasa akan memulai kebiasaan baru.

Di 10 hari pertama, kondisi tubuh akan mulai beradaptasi dengan pola makan yang berubah. Namun, terdapat sejumlah keutamaan dari Allah Swt di 10 hari pertama Ramadhan.

Baca Juga : Doa Akhir Ramadan yang Dibaca Rasulullah SAW, Amalkan Sebelum Bulan Puasa Berakhir

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda: Pada 10 hari pertama di bulan Ramadhan, Allah membuka pintu rahmat-Nya untuk setiap hamba yang melakukan puasa, dan dipandang sebagai seorang yang mulia karena menjalankan ibadah sejak awal.

Hadis lain dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda: “Awal bulan Ramadhan adalah Rahmat, pertengahannya Maghfirah, dan akhirnya ‘Itqun Minan Nar (pembebasan dari api neraka).”

Awal Ramadhan, khususnya di 10 hari pertama akan menjadi awal bagi umat Muslim melakukan berbagai ibadah sunnah. Fase ini juga akan menjadi pembiasaan diri untuk terus memperbanyak ibadah dan amal kebaikan selama Ramadhan dan setelah bulan Ramadhan nantinya.

Penulis : Redaksi
Komentar