Rabu, 13 Desember 2023 21:08

Ketua Komisi IV DPR RI Diduga Terima Aliran Dana dari Eks Mentan SYL

Ketua Komisi IV DPR RI Diduga Terima Aliran Dana dari Eks Mentan SYL

ABATANEWS, JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan Ketua Komisi IV DPR RI Fraksi PDIP Sudin turut menerima aliran dana yang berkaitan dengan kasus dugaan korupsi mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo alias SYL. Sudin sudah diperiksa pada Rabu (15/12/2023).

“(Berkaitan kasus) pemerasan. Kita harus konfirmasi proyek-proyek dan lain-lain. Pengawasan anggaran dan lain-lain. Kemudian ada juga anggota Komisi IV yang diduga juga menerima aliran dana. Waktu itu sudah disebutkan yang PDIP, yang rumahnya digeledah, Sudin,” ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Rabu (13/12/2023).

Ali memastikan tim penyidik lembaga antirasuah terus mengembangkan kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). Ali menyebut kasus di Kementan yang sudah menjerat SYL tak hanya pemerasan dan penerimaan gratifikasi, melainkan ada kluster-kluster lainnya.

Baca Juga : Soal Pakai Jet Pribadi ke AS, KPK Bakal Panggil Kaesang

Namun untuk saat ini, SYL dijerat atas kasus dugaan pemerasan, penerimaan gratifikasi, dan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

“Kasus SYL terus dikembangkan. Kan ada pemerasan, suap, gratifikasi yang sedang berjalan di SYL. Kemudian yang klaster kedua hortikultura, kemudian ketiga sapi,” kata Ali.

KPK sempat menggeledah rumah Sudin di Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Sudin juga sudah diperiksa KPK sebagai saksi pada Rabu 15 November 2023. Saat itu, Sudin mengaku ditanya tim penyidik perihal anggaran dan pengawasan dari Komisi IV terhadap Kementan.

Baca Juga : 40 Orang Lolos Tes Tulis Capim KPK, Pukat UGM: Masih Banyak yang Problematik

“Hanya ditanya mengenai anggaran dan pengawasan saja, itu saja. Yang lain nanti tanyakan ke penyidik. Coba tanya penyidik sudah saya jawab,” ujar Sudin di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (15/11/2023).

Penulis : Azwar
Komentar